Persaingan dalam industri media semakin berkembang di indonesia, terutama ketika Indonesia memasuki era reformasi yang memacu kebebasan pers yang lebih meluas. Perubahan menciptakan kesempatan bagi parusahaan untuk melalrukan redesign koru;ep bisnis baik secara kaseluruhan atau sebagian, sehingga perusahaan dapat terus bertahan dan menang dalam parsaingan pasar. Dibawahi oleh sebuah perusahaan grup yang bergerak di bidang keuangan, perusabaan ini tumbuh menjadi sebuah perusahaan yang unlk diantara perusahaan lain di grupnya. Perusabaan ini menjalankan bisnisnya tanpa koru;ep dan strategi bisnis. Mayoritas kegiatannya dilalrukan dengan konsep 'learning by doing'. lni adalah alasan mengapa parusabaan ini tidak dapat berkembang dengan signifikan. Sedangkan pesaing baru datang dan parusahaan madia terus mengembengkan diri, perusahaan ini masih dalam posisi awal menghadapi 'kematian menyadari situasi yang berbahaya ini perusahaan harus berubah, Tetapi parubaltan tidaklah semudah yang dipikirkan, itu membutuhkan sumber daya, nang, dan waktu, Orang-orang cenderung malas untuk berubah karena banyak alasan, seperti kenyamanan, kurang pengetahuan, kurang parcaya diri, dll. Untuk menciptakan perubahan yang optima~ perusahaan membutuhkan parencanaan dengan pendekatan Change Management. Dengan pendekatan ini, perusahaan tidak hanya membuat perubahan tetapi juga membuat perubahan itu bekerja. Penelitian ini menghasilkan usulan kepada perusahaan untuk melakakan parubaltan transformational karena perusahaan ini memiliki parmasalahan dengan konsep bisnis yang bersifat fundamental. Tanpa adanya pondasi yang baik, perusahaan ini tidak akan bergerak kemanapun. Berdasarkan analisa data, perusahaan ini siap untuk melakukan parubahan. Beberapa perubahan yang harus dilakukan perusahaan ini adalah implementasi visi, misi, dan core values, evaluasi sistem reward, evaluasi prosedur perusahaan, serta pembentukan change agent, Untuk tahap implementasi, penulis juga menyediakan roadmap untuk menerapkan parubahan berdasarkan metode Kotter. Nowadays competition in Indonesia's media industry becomes tighter than before, especially when Indonesia entered refonnation era. Media business grows rapidly since press freedom is opened widely. Since changes create the opportunity for companies to redesign their overall or part of business concepts, they help companies survive and become leader in business market. Holding by a company group which run financing field, this company grows to a unique company between its groups. This company runs its business without concept and business Jitrategies. Most of its activities are "done based on 1leaming by do[ng' concepts. These are the reason why this company can not develop its business significantly. While new competitors come and other media companies develop themselves rapidly, this company is still in its position facing 'death'. Knowing this dangerous situation, oompany must change. But change is not as easy as we think, it need resource, money, and time. People tend to reluctant to change because many reasons such as complacencies, lacking knowledge, Jacking confidence, etc. To make an optimal change companies need planning with change management approach. With this approach. companies not only make changes but also make those changes work. This research generates suggestion for this company to do transformational change because this company have problem with its fundamental business concept. Without making good foWldation, this company won't move anywhere. Based on data assessment, this company is ready doing change. Some important changes which should be done by this company are vision, mission, and core values implementation, reward system evaluation, company procedures eva:Iuation, and change "gent building. For the implementation phase, writer also provides company with roadmap for implementing change which is based on Kotter's method, |