:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Manajemen risiko perencanaan sumber daya manusia pada PT X = Risk management in human resources planning at PT X

Shaula Afifa; Betrianis, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Seiring dengan makin meningkatnya tuntutan akan sumber daya manusia (SDM), perusahaan jasa dan manufaktur kini menghadapi pilihan yang sulit. Di satu sisi, mereka harus membatasi jumlah tenaga kerjanya untuk menjamin kondisi finansial. Di sisi lain, mereka harus mampu memanfaatkan bakat terbaik yang ada untuk mendukung usahanya. Dengan demikian, kemampuan perusahaan untuk menilai kebutuhan SDM yang akan datang telah menjadi elemen penting dalam pengembangan strategi bisnis perusahaan. Hal ini menjadi alasan bagi PT X untuk melakukan perencanaan SDM yang efektif. Namun, sebagai sebuah proses bisnis, perencanaan SDM pun tak pernah lepas dari risiko. Oleh karena itu, diperlukan suatu manajemen risiko yang tepat dalam proses ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko-risiko dalam perencanaan SDM, menyusun tingkatannya, dan melakukan analisis alokasi biaya untuk mengatasi risiko-risiko tersebut. Risiko dalam perencanaan SDM dapat dibedakan menjadi risiko yang berhubungan dengan kesulitan menyelesaikan perencanaan, risiko yang berhubungan dengan ketidaksesuaian SDM, dan risiko yang berhubungan dengan turnover karyawan.
Lima risiko perencanaan SDM teratas pada PT X adalah kurangnya alat bantu perencanaan, kurangnya koordinasi dalam pengambilan keputusan, kurangnya pelamar yang kompeten, analisis jabatan yang tidak jelas, dan perubahan lingkungan yang tiba-tiba. Analisis alokasi biaya dilakukan dengan simulasi Monte Carlo. Hasil yang didapat dari simulasi ini adalah alokasi biaya yang optimal dengan beberapa asumsi dana yang tersedia untuk mengelola risiko.

Due to increase in human resources needs, service and manufacturing companies are facing a hard decision. At one side, they have to limit their human resources number in order to ensure their financial condition. At another side, they must be able to use the best talent they have to support their business. Therefore, company's ability to assess the need for human resources in the future has become an important element in developing company's business strategy. This is the reason why PT. X needs an effective human resources planning throughout itself. As one of the business processes, human resource planning is never out of risks. Therefore, an appropriate risk management is needed in this process.
This research's objectives are to identify risks in human resources planning exercise, rating the risks, and do budget allocation analysis to mitigate the risks. Risks happened in human resources planning can be divided into risk due to difficulties in completing human resources planning exercise, risk due to mismatched in human resources, and risk due to turnover.
Top five risks in human resources planning at PT X are lack of tools, lack of coordination in decision making process, lack of qualified candidates, unclear job analysis, and unpredictable environment changes. Monte Carlo simulation is use in budget allocation analysis. The result from this simulation is optimum budget allocation with several available budget assumptions to manage the risks.

 File Digital: 1

Shelf
 S50258-Shaula Afifa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S50258
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 114 hlm.; ill.; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50258 14-22-45413295 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247976