:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengukuran dan pembandingan kinerja subkontraktor dengan metode data envelopment analysis pada PT. ASP = Measurement and comparation of subcontractor's performance using data envelopment analysis in PT. ASP

Lina Rosliana; Erlinda Muslim, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Evaluasi kinerja sebuah perusahaan merupakan bagian dari program peningkatan kemampuan operasi sebuah perusahaan. Skripsi ini menggambarkan sebuah pendekatan konseptual untuk mengukur dan membandingkan produktivitas dari penggunaan sumber daya yang diberikan pihak kontraktor kepada subkontraktor yang bekerjas sama, dengan menggunakan serangkaian metode kuantitatif Data Envelopment Analysis (DEA). Evaluasi ini diterapkan untuk beberapa jenis pekerjaan spesifik subkontraktor dengan menggunakan perbandingan dari variabel input dan output yang telah memenuhi kriteria evaluasi. Model DEA yang digunakan dalam evaluasi ini menekankan pada pemaksimalkan perolehan output yang dihasilkan oleh subkontraktor, dengan kriteria variabel inputnya adalah biaya material, jam kerja dan jumlah pekerja. Sedangkan variabel output yang digunakan adalah pendapatan subkontraktor dan volume pekerjaan. Interaksi antara output dan input membentuk suatu model persamaan linear yang menghasilkan nilai efisiensi dari masing-masing Decision Making Unit (DMU). Nilai efisiensi diharapkan dapat membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan guna mengoptimalkan kinerja subkontraktor serta sebagai program benchmarking DMU inefisien terhadap DMU yang efisien.

Company's performance evaluation is a part of operational improvement programm. This thesis describe a conceptual approach to measure and compare the productivity of resources utility which is given by the contactor, using a set of quantitative method known as Data Envelopment Analysis (DEA). This evaluation is adapted for various specific work of the subcontractor by comparing input and output variable that fill the evaluation's criterias. DEA managed to maximize subcontractor's expected output, which has material cost, work hour, and labor as input variable, and net revenue and job volume as output variable. the interaction between input and output forms a linear programming model that gain efficiency score from each Decision Making Unit (DMU). Efficiency score is hoped that it will help the company in decision making process to optimize subcontractor's performance and as a benchmarking program for the inefficient.

 File Digital: 1

Shelf
 S50255-Lina Rosliana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S50255
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 71 hlm.; ill.; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50255 14-22-89466070 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247987