:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Manajemen risiko proses reservasi dan pelunasan pembayaran pada Hotel Graha Dinar = Risk management reservation and full payment at Graha Dinar Hotel

Febby Leorisa; Isti Surjandari Prajitno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Persaingan industri jasa di Indonesia semakin kompetitif di Indonesia. Salah satu industri jasa yang mengalami perkembangan fluktuatif dalam beberapa tahun terakhir adalah industri perhotelan. Ketatnya persaingan dalam industri perhotel beberapa tahun terakhir ini disebabkan oleh perubahan situasi politik dan alam di Indonesia. Mengantisipasi kompetitifnya persaingan ini, semua pelakon dalam industri perhotelan berusaha berlomba-lomba untuk meningkatkan pelayanan mereka ke pelanggan.
Salah satu strategi pengembangan pelayanan yang harus dilakukan adalah dalam proses yang terdapat interaksi langsung dengan pelanggan, di antaranya adalah proses reservasi sampai ke proses pembayarannya. Akan tetapi, setiap proses yang dilakukan oleh suatu perusahaan tidak akan pernah bisa lepas dari risiko yang mungkin terjadi. Oleh sebab itu perlu dilakukan manajemen risiko untuk mengidentifikasikan, mengukur, dan kemudian menyusun strategi untuk mengelola risiko.
Penelitian ini hanya dibatasi pada tahap dari dibuatnya perjanjian penyewaan oleh pelanggan dan Hotel Graha Dinar sampai dengan pelunasan pembayaran oleh pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan risiko yang akan ditangani dan penanganan risiko-risiko tersebut. Untuk mengetahui risiko apa yang akan ditangani maka terlebih dahulu disusun tingkatan risiko dengan matriks dampak-probabilitas. Penanganan risiko dilakukan dengan menganalisa penyebab, dampak, dan kontrol terhadap risiko tersebut. Simulasi monte carlo juga untuk mensimulasikan kontrol risiko yang dapat dilakukan.

Competition of service industry in Indonesia is getting tighten day by day. One of service industry that faced fluctuation development is hotel industry. The tighting of competition is caused by change of nature and politic in Indonesia. To anticipate this competition, all players in hotel industry are trying to compete to improve their service to customers.
One of strategy that they have to do is process that directly interacts to the customers, such as reservation process and payment. On the other hand, every process done by every company can never be free from risks that may happen. Therefore a risk management needs to be accomplished to identify, measure and then prepare strategy to manage risks.
This research only limited from the making of rent engagement by customers and Graha Dinar Hotel until customers have paid all the payment. The research's objectives is to get risks that will be treated and determine risk treatment activities. In order to know which risks that will be treated, Matrix probability-impact is needed to arrange rating risks. Risk control activity is conducted by analyzing the cause and impact of those risks. Monte Carlo simulation is used to simulate risk control that can be done.

 Metadata

No. Panggil : S50265
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 76 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50265 14-22-89339418 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20247992