:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis risiko proyek dan alokasi biaya penanganannya. Studi kasus: PT. X proyek 06049D (L-Project) = Project risk analysis and treatment cost allocation. Case: PT X, 06049D project (L-Project])

Willy Pantun Sedayu; Teuku Yuri M. Zagloel, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Manajemen risiko merupakan salah satu faktor terpenting dalam manajemen proyek untuk memastikan proyek dapat terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan banyaknya ketidakpastian dalam sebuah proyek yang berasal dari berbagai sumber. Dari sudut pandang kontraktor, ketidakpastian ini tentu sangat merugikan karena akan mempersulit dalam mengestimasi biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proyek. Kemampuan perusahaan kontraktor untuk mengestimasi biaya merupakan kunci keberhasilan bagi perusahaan untuk memperoleh laba. Lingkup penelitian ini hanya dibatasi pada proyek 06049D (L-Project) dengan menggunakan standar PMBOK.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis risiko yang termasuk kategori tinggi yang mungkin muncul selama pelaksanaan proyek 06049D (L-Project), serta menentukan strategi penanganan risiko dan alokasi biaya untuk menangani risiko tersebut. Analisis alokasi biaya dilakukan dengan menggunakan simulasi Monte Carlo. Penelitian ini mengidentifikasi delapan risiko yang temasuk kategori tinggi dan strategi penanganannya. Selain itu, dengan menggunakan berbagai asumsi, diperoleh alokasi biaya penanganan risiko yang dapat menjadi pertimbangan untuk PT X.

Risk management is one of the most important factors in project management to ensure that the project will completed well. It is because there are so many uncertainties in a project that come from many causes. From the contractor point of view, the uncertainties inflicted a financial loss because it will caused difficulties in estimating the cost needed to complete a project. The ability of contractor companies to estimate the cost is the key success factor for company to get profit. The research scope is limited to 06049D project (L-Project) using PMBOK standard.
The purpose of this research is to identify and analyze the risk that included high risk category that possibly will occur during perform of 06049D project (L-Project), and determine risk response planning and its cost allocation. Cost allocation analysis is conducted using Monte Carlo Simulation. The Research identifies 8 risks that included high risk category and its response planning. In addition, using various assumptions, this research found the cost allocation that can be consideration for PT X.

 File Digital: 1

Shelf
 S50309-Willy Pantun Sedayu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S50309
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 106 hlm. ; ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50309 14-21-932316383 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248019