:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Usulan penerapan rencana pemulihan pasca bencana pada direktorat PPSI UI. (Studi kasus: SIAK NG) = Recommendation of disaster recovery planning implementation at PPSI UI directorate. (Case study SIAK NG)

Aulia Rachmat Akbar; Betrianis, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Kehadiran bencana tidak dapat prediksi secara pasti dan tidak dapat dihindari. Definisi bencana sendiri telah mengalami perubahan makna dari bencana alam menjadi keadaan darurat atau gangguan yang berpengaruh negatif terhadap keberlangsungan bisnis suatu organisasi. SIAK NG (Sistem Informasi Akademis Next Generation) merupakan suatu aplikasi yang dikembangkan oleh Direktorat Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (Dit. PPSI) sebagai sistem informasi kampus di Universitas Indonesia.
Informasi merupakan faktor penting dalam suatu proses bisnis organisasi. Kehilangan data atau keterlambatan dalam penyampaian informasi dapat menghambat keberlangsungan proses kegiatan di UI. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perlu direncanakan kegiatan-kegiatan yang diperlukan dalam memulihkan keadaan dan proses bisnis pasca terjadinya bencana yang tepat dan sesuai dengan karakteristik SIAK NG.
Metode yang digunakan untuk menentukan rencana pemulihan pasca bencana adalah dengan menggunakan business impact analysis terhadap proses bisnis yang berlangsung di SIAK NG dan aset-aset yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk menentukan prioritas dari proses bisnis dan aset tersebut. Prioritas ini digunakan sebagai acuan dalam menetukan proses bisnis dan aset yang harus didahulukan untuk dipulihkan ketika terjadi bencana.
Hasil dari penelitian berupa prosedur dan dokumen yang dibutuhkan dalam penerapan rencana pemulihan pasca bencana dan juga struktur organisasi dalam penerapan rencana tersebut. Prosedur yang didapat antara lain, prosedur backup data,prosedur umum bencana, prosedur pemuliahan data, dan prosedur perbaikan atau pergantian aset.

The occurrence of a disaster is uncertain and can?t be avoided. The definition of disaster itself has been transformed; it is not only a mere natural disaster, but also comprises all situations that have negative impact on business continuity of an organization. SIAK NG (Academic Information System Next Generation) is an application developed by Development and Service of Information System Directorate as University of Indonesia information system.
Information is a critical factor in business process of an organization. Data losses or late information will hinder the continuity of process activity in UI. To anticipate it, UI need a response plan which is appropriate with SIAK NG characteristics to recover the situation and normalize their business process after the occurrence of a disaster.
The method used to determine the disaster recovery planning is business impact analysis on business process of SIAK NG and their assets. This analysis is intended to determine the priority of the business process and assets. Those priorities are used as a guideline to decide which business process or assets will be recovered first after a disaster happened.
The outcomes of this research are organizational structure, procedures and documents needed in the implementation of disaster recovery plan. The procedures encompass general procedure of disaster, backup data procedure, data recovery procedure, and assets revitalization and replacement procedure.

 File Digital: 1

Shelf
 S50367-Aulia Rachmat Akbar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S50367
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 84 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50367 14-22-04301311 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248025