:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perekayasaan ulang sistem pelaporan pengumpulan tol PT. J : dengan bantuan ProModel

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999)

 Abstrak

Jalan yang merupakan infrastruktur transportasi, mempunyai peranan sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan pengembangan wilayah, karena dengan adanya jalan maka perpindahan manusia, barang, dan jasa dari suatu tempat ke tempat lainnya menjadi lebih lancar.
Sejalan dengan hal tersebut di atas, maka PT J, selaku pengemban kewenangan pemerintah dalam pengoperasian jalan tol, wajib memberikan pelayanan yang baik terhadap pengguna jalan tol, dengan salah satu indikasinya adalah dengan cepatnya manajerial pusat memberikan respon terhadap permasalahan yang mungkin terjadi di lapangan dan diluar kewenangan kepala cabang untuk memutuskannya.
Selama ini pelaporan kegiatan pengumpulan cabang tol, yang terdiri dari pelaporan pengawasan lalu lintas dankegiatan pengumpulan pendapatan tol selalu mengalami keterlambatan sampai ke manajerial pusat (Divisi Manajemen Pengumpulan Tol Pusat). Keterlambatan sampainya laporan ke level manajerial yang cukup lama inilah yang menjadi dasar pertimbangan PT J untuk memperbaiki kinerja organisasi cabangnya, khususnya Divisi Pengumpulan Tol PT J.
Perekayasaan ulang prosedur pelaporan pengumpulan tol yang didahului dengan analisa penyebab keterlambatan sistem pelaporan pengumpulan tol menghasilkan dua skenario, dimana skenario 1 dapat langsung diterapkan tanpa harus mendesain ulang teknologi distribusi informasi dan infrastruktur divisi pengulumpulan tol PT J dan skenario 2 membutuhkan investasi peralatan yang lebih mahal walaupun dengan hasil yang diperkirakan lebih baik dari skenario 1.
Dengan simulasi ProModel maka dapat dketahui bahwa perekayasaan ulang sistem pengumpulan tol telah berhasil mengurangi waktu keterlambatan pelaporan hinggan 35.59% untuk skenario 1 dan 46.32% untuk skenario 2. Dengan demikian secara teoritis perekayasaan ulang sistem pengumpulan tol PT J dapat dinyatakan layak untuk diterapkan di Divisi Pengumpulan Tol PT J menggantikan sistem yang lama.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Adityo Renanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S49828
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 80 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49828 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248093