:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis penentuan kebutuhan tambatan dermaga Jakarta International Container Terminal pada tahun 2014

Erikson; Amar Rachman, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Pelabuhan Tanjung Priok merupakan salah satu cabang pelabuban dl bawah naungan manajemen PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II, Badan Usaba Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhan Ratusan perusabaan pelayaran dari dalam maupun luar negeri secara rutin melakukan pengapalan barang dan menjadikan Tanjung Prink sebagai pelabuban tujuan. Kecenderungan pengiriman barang melalui peti kemas mengalami perkembangan yang pesat sejak 20 tahun terakhir dan pada saat ini pengiriman harang menggunakan peti kemas mencapei leblh dari 60%. Oleh karena itu diperlukan suatu langkab untuk memproyeksikan kebutuhan penambahan fasilitas, khususnya penambahan fasilitas dermaga. Penelitian ini berrtujuan untuk mendapalkan proyeksi kebutuhan tambatan dermaga peti kemas di masa yang akan datang. Tahap pertama penelitian ini dllakukan dengan melakukan pengapalan jumlah bongkar dan muat peti kemas. Berbagai variabel yang diperkirakan berpengaruh. seperti : PDRB (Produk Dnmestik Regional Bruto ). jumlah penduduk, dan nilai ekspor dan lmpor akan diuji dan dikorelasikan untuk mendapalkan persamaan regresinya Setelab itu dllakukan pengumpulan data berbagai parameter, yaitu : bongkar dan muat kapal di pelabuban, tingkat kedatangan kapal, jumlah dermaga dan Container Crane. Terhadap data-data tersebut dilakukan pengujian statistik untuk memperoleh parameter distribusinya. Hasil pada tahap pertama diguuakan sebagai konfumasi dengan basil pada tahap kedua. Pada tabap kadua, dibangun model yang menunjukkan proses kedatangan kapal, bongkar dan muat peti kemas oleb Container Crane. Adapun output yang diinginkan adalah jum!ah bongkar dan muat peti kemas dalam periode I tahun. Skenario simulasi dibagi atas 3 bagian, yaitu : penambahan 2, 4 dan 6 tambatan dermaga dengan skenario masing·masing tambatan dennaga menggunakan 2 CC(Container Crane) dan kemudian disimulasikan dengan menggunukan 3 CC(Container Crane). Berdasalkan hasil perhitungan dan analisis, waktu terbaik untuk membangun dermaga peti kemas untuk mengantisipasi penlngkatan bongkar muat peti kemas adalah pada tahun 2005, 2007 dan 2010 dengan penambahan dua dermaga pada ketlga tahun tersebut.

Port of Tanjung Priok is one of the ports managed by PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II, a stated-owned companies that runs port business. Hundreds of shipping lines are regularly visiting the port for their shipments. It makes Tanjung Priok a port of choiee. Use of container for cargu distribution has been increasing sinee twenty years ago and container volume to the port has nowadays recorded 60",1, of total cargo volume in Tanjung Priok. Therefore, this research focuses on projection of additional container port for the nelrt coming years. The first step of this research begins with forecasting of total containers quantity of loading and unloading. Many variables are assumed to be affected, such as: Gross domestic Regional Bruto, number of population, and the value of export and import, is to be tested and correlated to find out the regression equation. After that, data collection is needed in many parameters such as: loading and unloading characteristics, crane's quantity, inter-arrival of ships. Of these data, statistic test is done to have the distribution parameter. The result of the first step is going to be confinned with the result of the second step. In the second step, model is created that show the inter-arrival process, loading and unloading process by the Container Crane. The output of simulation is the quantity of loading and unloading for one year. Scenarios are divided into 3 parts: 2, 4, and 6 addition ports, with 2 CC (Container Cmne) of each and are simulated too with 3 CC (Container Crane) of each. From counting result and analysis foued that the need of additional container port for JICT are in year 2005,2007, and 20 lO, two port of each year.

 File Digital: 1

Shelf
 S50181-Erikson.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S50181
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 49 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50181 14-23-52950097 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248117