:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan perbaikan proses bisnis pasang baru layanan speddy dengan pendekatan simulasi diskrit. (Studi kasus: PT X)

Kodrat Sutarhadiyanto; Boy Nurtjahyo Moch., supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Dewasa ini proses bisnis menjadi semakin penting untuk menunjang keberhasilan pada perusahaan~perusahaan jasa. P.roses bisnis perlu dirancang serta dipeliharaan dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk atau jasa yang memuaskan bagi konsumen. PT Telkom sebagai salah satu penyedia jasa telekomunikasi memiliki komitmen untuk memberikan layanan yang memuaskan (service excellence) bagi konsumennya Dalam skripsi ini dibahas bagaimana performansi dari proses bisnis pasang baru layanan speedy yang ada dibandinghas dengan standar yang harus dipenuhi (Mean Time To Install). Untuk peraneangan perbaikan proses bisnis dilakukan pemetaan terlebih dahulu terhadap proses bisnis yang ada untuk kemudian dimodelkan dengan bantuan sofware ProeessMudel S.Ol.Setelah model diverifikasi dan divalidasi, maka model dirunning untuk mendapatkan data sebagai bahan untuk peraneangan usulan perbaikanDari basi simulasi ini selanjutnya diidentifikasi non value added activity dan value added activity yang memberikan kontribusi terbesar terhadap MTTI. Upaya perancangan perbaikan didasarkan pada hasil identifikasi tersebut yaloti pada kegiatan pernbuatan usemarne dan password dan pangukuran jaringan. Kedua kegiatan tersebut adalah kegiatan yang menambah nilai tetapi mernberi dampak pada dua kegiatan tidak rneruunbah nilai yakni menunggu pembuatan username dan password serta menunggu setelah kegiatan instalasi perangkat di pelanggan. Dari hasil analisa tersebut kemudian dibuat usulan perbaikan yang selanjutnya disimulasikan untuk mengetahui kinerjanya. Untuk mengetahui pengaruh ketersediaan sumberdaya manusia, maka dilakukan optimasi dengan SimRuner. Dah basil Optimasi tersebut diperoleh nilai-nilai kebutuban surnherdaya manusia untuk mencapai nilai MTTI yang optimaL Usulan ini memberikan nilai penurunan MTTI sebesar 54.86% serta memberikan kebutuhan riil staff CCAN dan UBS masing masing sebesar 6 dan 4 orang.

These days process business become important progressively to support efficacy at service fum Business process require to be designed and also looked after better so that can yield satisfying service or product to consumer. PT Telkom as one of the telecorrununications service provider have commitment to give satisfying service ( excellence service ) to its consumer. In this research is studied how performance of the existing business process compared to standard which must fulfill ( Mean Time To Install). For designing process business improvement conducted first by mapping beforehand to existing business process and then modeled using Processmodel 5.0l.After model bad been verified and also valid, hence running model to get data to use in designing business process in1provement From the simulation result is identified the non value added activity and value edded activity giving biggest contribution ro MTTI. Improvement relied on result identification namely creating usemame and pasword and network measurement Both of the activity is value added activity but giving impact at two non value added namely await making of password and uscmame and also await after activity of perioberal installation in cutomer. From result of the analysis is then made proposal for improvement and then simulated to know its performance. To know influence of human resource availability conducted by optimization with Simruner. From result of the optimization the requirement of human resource to reach optimal MTTI value in known. This design yielding MITI down to 54.1!6% and also give real requirement of CCAN and UBS staff equal to 6 and 4 people each.

 File Digital: 1

Shelf
 S49995-Kodrat Sutarhadiyanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S49995
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 77 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S49995 14-23-05093090 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248146