:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Usulan perancangan tataletak gudang sintesis PT. DCI

Ibnu Susanto; Boy Nurtjahyo Moch., supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Gudang adalah salah satu rantai bisnis yang merupakan kombinasi dari proses, fungsi, arus barang dan arus informasi yang menghasilkan pemindahan barang dari sumber ke tempat tujuan lain. PT. DCI merupakan perusahaan manufaktur di bidang kimia yang memproduksi pewarna textile. PT. DCI memiliki gudang sintesis sebagai tempat penyimpanan raw material.
Sistem penyimpanan yang dipakai saat ini adalah blok stacking/material ditumpuk langsung di Iantai. Padahal, material yang disimpan adalah bahan kimia yang memiliki karakteristik bahaya yang berbeda-beda, nama kimia yang hampir sama, dan nomor lot yang banyak untuk tiap satu jenis bahan kimia, sehingga membutuhkan tata Ietak penyimpanan yang tepat. Prinsipnya, pengadaan gudang merupakan langkah investasi. Sistem blok stacking dianggap tidak layak Iagi dipakai, sehingga PT. DCI bermaksud menggantinya dengan sistem penyimpanan baru yaitu sistem rak. Oleh karena itu, PT. DCI mcmbutuhkan rancangan tata letak gudang sintesis dengan sistem yang baru itu.
Penelitian ini menghasilkan suatu usulan perancangan tata letak gudang dengan sistem penyimpanan rak yang pertimbangan utamanya yaitu karakteristik bahaya dari bahan-bahan kimia yang ada. Tipe rak yang cocok digunakan adalah selective pallet rack. Selain lebih fleksibel dalam sistem FIFO dibandingkan tipe lain, selective pallet rack juga memiliki kemampuan selektifitas barang yang mencapai l00% dan tinggi raknya dapat di sesuaikan dengan tinggi bangunan gudang.
Rancangan tata letak gudang sintesis PT. DCI juga mempertimbangkan kebutuhan ruang untuk tiap kegiatan yang dilakukan di gudang tersebut, yaitu ruang kegialan utama (area persiapan untuk kedatangan material, tempat penyimpanan dan area persiapan untuk pengiriman material ke produksi) dan ruang kegiatan pelayanan (kantor penyelia, kamar mandi dan tempat parkir forklift). Kelebihan perancangan ini adalah adanya peengaturan penyimpanan raw material berdasarkan karakteristik bahaya dan tersedianya preparation area yang tidak terdapat pada layout sebelumnya.
Sesuai dengan kebijakan persedian PT. DCI, jumlah minimum bin yang dibutuhkan untuk sistem penyimpanan rak di gudang sintesis adalah 1026 bin. Pemanfaatan kelebihan ruang meningkatkan jumlah bin menjadi 1594, berarti ada penambahan 568 bin. Dengan mengutamakan faktor safety dan aksesibilitas, jumlah bin yang tersedia pada rancangan ini meningkat dibandingkan jumlah bin sebelum penelitian.

The warehouse is an important middle link in any company which is made up of a combination of process, function, product flow and information flow, which transfer of goods from the source to other destination. PT. DCI as a chemical manufacture produces dystuff and it has a synthesis warehouse for its raw material storage.
At this time, the warehouse using block stacking as storage system. In fact, the chemical as raw material has its dangerous characteristic, different chemical names, and several lot number for each chemical, so it will need the right facilities design. In principal, a warehouse is an investment. Since block stacking system is not proper any more, PT. DCI wants to change block stacking system with the rack system. Because of that, PT. DCI needs facilities design of the synthesis warehouse which is suitable with the new system.
This research gives a recommendation for facilities design of the warehouse using rack system and considered dangerous characteristic of chemical as main priority. The rack type which right to use is selective pallet rack. Beside its flexibility in FIFO system, selective pallet rack also has l00% capability in goods selectivity, and the rack high can be adjusted with the high of warehouse.
Facilities design of the synthesis warehouse also considered the need area for each activity in the warehouse, that are main area (preparation area for incoming material, storage, and preparation area for delivery material to production) and service area (supervisor office, bathroom and forklift parking). In addition, the storage design is determined by dangerous characteristic of raw material and it provides a preparation area which is not exist in facilities design of the synthesis warehouse before the research.
Based on PT. DCI's stock policy, the rack system in the synthesis warehouse need 1026 bin as minimun number for storage. The using of extra area increased number of bin to 1594, so there is 568 bin as an addition. Giving priority to accesibility and safety factors. the number of bin which is provided in the design increase than before.

 File Digital: 1

Shelf
 Ibnu Susanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S50231
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 105 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50231 14-22-17312202 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248173