:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisa perbandingan waterjet propulsion system dengan conventional propeller system pada kapal patroli tipe 28 M

Sri Mayasanti; Yanuar, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Penggunaan mesin propuisi kapal menjadi semakin beragam seiring dengan perkembangan teknologi permesinan yang menghasilkan berbagai produk dengan efisiensi yang jauh lebih baik dan mesin-mesin konvensional. Perkembangan mesin propuisi ini juga sangat beragam dan berbeda untuk setiap jenis kapalnya. Namun perkembangan pengaplikasian di lapangan pada kapal-kapal Indonesia masih sangat terbatas hanya untuk jenis konvensional saja.
Permasalahan inilah yang kemudian menjadi alasan perlu adanya suatu kajian tentang pertimbangan pemilihan mesin yang paling tepat. Penelitan ini terbatas untuk studi perbandingan jenis sistem propuisi untuk kapal patrol i tipe 28 meter dari aspek teknis.
Kegiatan pengkajian ini dimulai dengan studi literatur dan studi lapangan untuk menentukan kapal yang akan dianalisa serta jenis sistem propulsinya. Selanjutnya adalah memilih sistem propuisi lainnya yang paling memungkinkan untuk digunakan pada kasus tersebut.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa hasil perbandingan dari aspek teknis dari penggunaan sistem propuisi dengan menggunakan Waterjet Propulsion System sebagai pengganti Conventional System yang terdapat pada kapal tersebut.

Use of machine of ship propulsion become immeasurable progressively along with technological growth of machinery yielding various product with efficiency which far better from conventional machines, growth of this propulsion machine also very immeasurable and differ for every ship type. But growth for application for ships in Indonesia still very limited for conventional type.
This problems later, then become reason need existence study about consideration of most machine election precisely. This research limited for study of comparison of type of propulsion system for patrol boat 28 metre type from technical aspect.
This study activity started with study of literature and field study to determine ship to be analysed and also type of propulsion system. Then selected most other propulsion system enable to be used at the case.
End result from this research in the form of comparison result from technical aspect the than use of propulsion system by using Waterjet Propulsion System in the place of Conventional System that found on the ship.

 File Digital: 1

Shelf
 S38071-Sri Mayasanti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S38076
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 78 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S38076 14-22-00803261 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248202