:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisa pembebanan jam orang pada proses produksi kapal fery roro 300 pax di PT. X = Man hour loading analysis at ship process production of fery roro 300 pax IN PT.X

Noverdo Saputra; Tony Wicaksono, supervisor; Sunaryo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Pembebanan Jam Orang ( JO ) merupakan hal yang sangat penting dalam suatu produksi kapal, karena sangat mempengarui biaya produksi yang seekonomis mungkin, mutu produksi yang baik, dan ketepatan waktu. Berkaitan dengan hal tersebut maka dalam penulisan skripsi ini akan dilakukan suatu analisa untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mengestimasi pembebanan jam orang sehingga didapatkan suatu perencanaan pembebanan jam orang yang optimal dalam proses produksi kapal. Analisa yang dilakukan, mempelajari sejumlah informasi dalam mengestimasi pembebanan jam orang dalam suatu proses produksi kapal serta melakukan pencatatan langsung di lapangan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan.
Metode yang dilakukan adalah studi kasus pada PT. X. Data-data tersebut meliputi berapa besarnya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan pada tahap fabrikasi, sub-assembly, assembly, erection, outfitting, machinery dan kelistrikan serta data-data yang berhubungan dengan variabel - variabel terpilih pada tahap tersebut. Data tersebut diolah dan dianalisa mengunakan s-curve diagram, dengan menggabungkan grafik jam orang perencanaan dan realisasi sehingga kita dapat mengetahui tingkat performanya. Dengan mengunakan metode DMAIC, dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembebanan jam orang. Sehingga menjadi acuan untuk merumuskan estimasi pembebanan jam orang dalam suatu proses produksi kapal yang efektif dan efesien.

Man hour loading is matter which of vital importance in ship production, because very influence production cost which was possible economically, good production quality, and accuracy of time. Relating to the mentioned hence in this research will be done by an analysis to know factors influencing in estimating man hour loading so that got a planning of optimal man hour loading in ship process production. For analysis, studying a number of information's in estimating man hour loading in ship production and doing direct record in the field to get needed data.
Method that I have done is case study at PT X. The Data cover is how big time that required to finish work at phase of fabrication, sub-assembly, assembly, erection, outfitting, machinery and electrical and also data that related with chosen variables that phase. The data is processed and analysed by s-curve diagram, with join planning graph and realization so that we able to know level of process production performance. With use the DMAIC method, able to know factors that influencing man hour loading. So become reference to formulate man hour loading estimation at effective ship process production.

 File Digital: 1

Shelf
 S38066-Noverdo Saputra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S38066
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xviii, 131 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S38066 14-22-01207304 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248221