:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Evaluasi kinerja waktu dan biaya pada proyek bangunan bertingkat dengan pendekatan metode earned value studi kasus : proyek ABC di PT. X = Time performance evaluation and cost-rise buildings on the project with the earned value method approach

Susanto; Ayomi Dita Rarasati, supervisor; Budi Suanda, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Syarat kinerja proyek yang cukup baik adalah kesesuaian produk terhadap rencana yang erpenuhi, realisasi biaya dan waktu dimungkinkan lebih rendah dari rencana. Suatu pendekatan terhadap kondisi ideal evaluasi kinerja dilakukan sebagai studi pada proyek pembangunan gedung yang dilakukan PT.X dengan metode earned value yang merupakan salah satu alat yang digunakan dalam pengelolaan proyek yang mengintegrasikan biaya dan waktu.
Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh evaluasi kinerja proyek dari manajemen biaya dan waktu dengan metode earned value dengan indikator cost variance (CV), schedule variance (SV), SPI, CPI, EAC, dan ECD serta mengetahui biaya dan jadwal apa saja yang tidak sesuai dari rencana juga memperoleh tindakan koreksi apa yang dapat dilakukan oleh PT.X pada biaya dan jadwal yang tidak sesuai dengan rencana.
Metode penelitian yang dipilih yaitu dengan pendekatan kuantitatif berupa archival analysis ke lapangan. Archival analysis dimaksud adalah merupakan studi yang bersifat kuantitatif yang digunakan untuk meneliti penerapan earned value pada proyek ABC PT.X.
Hasil penelitian ini menunjukkan grafik ECD vs waktu rencana penyelesaian proyek dan grafik EAC vs RAPK, dari analisis kinerja waktu akumulasi tiap bulan, jenis pekerjaan yang paling terlambat adalah pekerjaan persiapan, tanah, pondasi bangunan gedung, basement, ground floor, struktur atas lantai 3. Sedangkan jenis pekerjaan yang paling rugi adalah pekerjaan tanah, pondasi bangunan gedung, basement, ground floor, struktur atas ruang mesin. Lalu dari beberapa jenis pekerjaan yang paling terlambat dan rugi, didapatkan perbandingan antara upaya proyek di lapangan dengan upaya yang dilakukan menurut pakar di lapangan.

Terms of a good project performance are the suiteness of the product according to the plan, the realization of costs lower than planned. An approach to ideal conditions as a performance evaluation is conducted on the development of building projects undertaken by PT.X with the earned value method, which is one of the tools used in the management of projects that integrate the cost and time.
The objective of this research is to obtain the performance evaluation of the project management cost and time with the earned value method with the indicators such as cost variance (CV), schedule variance (SV), SPI, CPI, EAC, and the ECD and the cost and schedule to know what's not according to work plan but also to obtain corrections which can be done by PT.X on cost and schedule.
The research method that was used is the approach of the form of quantitative analysis to the archival field. Archival analysis is referred as a quantitative study that is used to examine the implementation of earned value project on ABC PT.X.
The results of this research shows a graph of time versus ECD project plan and the settlement of the graph EAC versus RAPK, analysis of the performance of the accumulation of each month, the type of work which is delayed the most, preparatory work, land, building the foundation of buildings, basement, ground floor, the floor third landing. While the type of job loss are mostly of landwork, building the foundation of buildings, basement, ground floor, the upperstructure of the machine compartment. Then, of the several types of work and the loss, it was able to find the comparison between project efforts in the field with the efforts made by experts in the field.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S50468
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 84 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50468 14-17-666505694 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248390