:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Identifikasi faktor - faktor risiko penggunaan precast segmental girder terhadap aspek waktu pada proyek flyover di DKI Jakarta = Risk identification of using precast segmental girder to time aspect at flyover project in DKI Jakarta

Jefri Putra; Leni Sagita Riantini, supervisor; Eddy Subiyanto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Precast segmental girder, umumnya tipe-I, cukup banyak digunakan pada konstruksi jembatan layang di DKI Jakarta. Dalam pelaksanaannya, ada berbagai risiko yang dapat terjadi diantaranya adalah apabila instalasi segmen tak lurus dimungkinkan pecah pada key (joint segment) pada saat stressing process dan terkadang stressing process tak mulus karena lubang tendon tak 100% lurus sehingga kemungkinan terjadi blocked saat grouting besar sekali.
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi risiko pada penggunaan precast segmental girder terhadap aspek waktu, mengetahui besar-kecilnya pengaruh risiko tersebut, dan mencari alternatif dalam penanganan risiko yang ada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Tujuannya adalah untuk melakukan identifikasi faktor risiko dan mengolah hasil data dengan pendekatan analyitcal hierarchy process (AHP). Kemudian dicari tindakan korektif dan preventif untuk mengatasi risiko yang ada.
Hasil dari peneilitian ini menunjukkan bahwa tidak dilakukannya penyambungan antar girder setelah diletakkan di posisinya yang menyebabkan efek domino sehingga girder jatuh dan rusak menjadi faktor risiko dominan. Dengan diketahui risiko dan dicari tindakan korektif dan preventif dapat membuat keterlambatan waktu penyelesaian diminimalkan.

Many precast segmental girder, generally I-type, used at flyover project in DKI Jakarta. While its construction, there're many risk can be happened such as unstraight segment when stressing process can make key joint broken and it's not 100% straight of tendon hole can make blocked when grouting.
These writing objections are to identify possible risks when using precast segmental girder to time aspect, knowing the influence of risks, and searching treatment alternatives in handling risks. Research method used in these writings is survey. The objection is to identify risks when using precast segmental girder and the result will process by using analythical hierarchy process (AHP). Then, the writer will search corrective and preventive treatment to overcome risks.
Outcomes of this research show that not tack on girder after lay down at its position which cause domino effect so that girder fall and ruin becomes dominant risk. Knowing risks and corrective and preventive treatment in using precast segmental girder can make the delay in finishing time construction minimalize.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S50514
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 80 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50514 14-22-77645928 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248440