:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Evaluasi dan pengembangan sistem jaringan distribusi air minum PDAM Kota Depok Kantor Cabang 3 Kecamatan Sukmajaya = Evaluation and development of water supply distribution network system, PDAM Depok, Branch Office 3, Sukmajaya District

Garry Rizkiandy Putra; Djoko M. Hartono, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Tugas akhir ini membahas tentang evaluasi dan pengembangan pada sistem jaringan distribusi air minum yang ada di Kecamatan Sukmajaya yang merupakan daerah pelayanan PDAM Kota Depok Cabang 3. Dengan meningkatnya teknologi di bidang ilmu air minum, maka pada evaluasi dan pengembangan sistem jaringan menggunakan program Epanet. Dengan program Epanet, dapat melihat perilaku air di sistem jaringan distribusi air minum hingga sampai ke pelanggan. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan faktor penyebabnya di sistem jaringan distribusi air minum.
Tujuan berikutnya yaitu memberikan rekomendasi terhadap permasalahan. Permasalahannya yaitu terlalu besarnya tekanan air yang harus diberikan oleh PDAM agar tekanan yang sampai ke pelanggan sesuai dengan kebutuhan dan kriteria desain. Permasalahan selanjutnya yaitu kecepatan aliran pada pipa yang tidak sesuai dengan kriteria desain, serta semakin meningkatnya kebutuhan air minum sebanding dengan meningkatnya penduduk di Kecamatan Sukmajaya. Diameter dan material pipa yang sesuai merupakan solusi dalam mengatasi permasalahan di sistem jaringan distribusi air minum.

The final research will discuss about the evaluation and development of water supply distribution network system in Sukmajaya District, PDAM service area of Depok, Branch 3. As increasing of technology in water supply knowledge, in the evaluation and development of water supply distribution network system using Epanet program. With Epanet program, able to see the behavior of water in water supply distribution network system as far as the customer.
The final research aims to identify the problem and contributing factor in water supply distribution network system. Next objective giving recommendations on the matter. The problem is PDAM have to give huge water pressure in order to facilitate water pressure of the customer according to requirement and design criteria. Another matter is the water velocity on the pipe, and the increasing needs of drinking water, as increasing people in Sukmajaya District. Diameter and the appropriate pipe material is a solution in overcoming problems in drinking water distribution network system.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S50635
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 127 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50635 14-17-562958338 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248474