:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perilaku kompresibilitas tanah gambut yang dipadatkan dengan dengan metode modifier proctor = Compresibility behavior of compacted peat soil using modified proctor / Rico Octriyana

Rico Octriyana; Wiwik Rahayu, supervisor; Sigit Pranowo Hadiwardoyo, examiner; Damrizal Damoerin, supervisor ([Publisher not identified] , 2010)

 Abstrak

ABSTRAK
Tanah gambut memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan tanah lempung, dimana konsolidasi pada tanah gambut sangat tinggi yang menyebabkan kompresibilitas jangka panjang yang terjadi sangat besar. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu upaya untuk memperkecil kompresibilitas yang terjadi. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menaikkan nilai kerapatan kering (?dry) menggunakan metode modified proctor. Analisa untuk mengetahui besarnya kompresibilitas yang terjadi, dapat dilihat dari besarnya nilai Cc (Compression Index) yang dihasilkan pada tanah gambut yang telah dipadatkan dengan metode modified proctor. Pada penelitian ini tanah yang digunakan berasal dari desa Berengbengkel, Palangkaraya. Dari hasil percobaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menaikkan nilai kepadatan tanah gambut, nilai Cc yang dihasilkan akan semakin kecil.

ABSTRACT
Peat soil has different characteristics from clay, where its compresibility is so big. Therefore, we need an effort to reduce the compresibility that will occur. To achieve that, we can increase the effective unit weight of peat soil by using modified proctor. Analysis that is used to know how big the compresibility that will occur is by knowing the Cc value (Compression Index) which made from peat soil that has been compacted by using modified proctor. The peat soil that is used in this experiment is taken from Berengbengkel village, Palangkaraya. Cc value of peat soil will decrease if we compact it first.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S50660
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 66 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50660 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248562