:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Desain dan pengujian alat pemadam api mini karakteristik semburan air jarak jauh = Design and testing of mini fire extinguisher : long range water spray pattern characteristic

Sidebang, David; Warjito, supervisor; Yulianto Sulistyo Nugroho, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia;, 2010)

 Abstrak

Peristiwa kebakaran merupakan hal yang sering terjadi di daerah perkotaan dengan pemukiman yang padat penduduknya. Pada umumnya pertistiwa kebakaran yang terjadi sulit untuk di tanggulangi. Diperlukan sebuah alat pemadam api yang dapat digunakan secara efektif, salah satunya adalah pemadam kebakaran mini. Pemadam api mini sangat cocok untuk daerah pemukiman yang mempunyai karakteristik akses jalan yang sempit, tikungan tajam, dan jalan yang tidak rata. Selain bentuknya yang kecil, pola sebaran air yang dimiliki alat pemadam kebakaran mini tersebut juga sangat menentukan keefektifan dalam memadamkan api. Untuk itu, dalam penelitian ini dilakukan beberapa pengujian terhadap pola sebaran air yang terjadi. Dalam pengujian, dilakukan beberapa variasi pengambilan data dengan berbagai bukaan nossel, sudut yang berbeda, dan jarak. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sebaran air tersebut dengan variasi yang telah ditentukan.

Fire accident often happen in the urban area with the large number of population.Usually fire accident is hard to handle. We need some fire extinguisher which can use effectively, mini fire extinguisher is one of them. Mini fire extinguisher is good for urban area with bumpy road characteristic. It has small size, and its spray pattern determine effectiveness in fire extinguishing. So, we do some testing to mini fire extinguisher water spray pattern in this research. We do some variation in data coleecting method like nozzle, angle, and distance variation. We do the research to know water spray characteristic with all variation that has determined before.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S50908
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia;, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 129 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50908 14-22-53571184 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20248836