:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Implementasi SIMPLE-O pada virtual learning environment moodle = The implementation of SIMPLE-O on virtual learning environment moodle

Nara Brahma Pramodana; Anak Agung Putri Ratna, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Pada Skripsi ini akan dibahas mengenai penggunaan sebuah sistem penilaian esai otomatis dengan menggunakan metode Latent Semantic Analysis (LSA) pada sebuah media pembelajaran elektronik. Sistem penilaian esai yang digunakan adalah SIMPLE-O yang merupakan sistem penilaian esai otomatis yang menggunakan LSA.
Pada skripsi ini suatu bagian perhitungan esai yang ada pada SIMPLE-O diimplementasikan ke dalam sebuah Virtual Learning Environment (VLE) yang bernama Moodle. Dengan dilakukannya pengintegrasian SIMPLE-O dengan Moodle, suatu jawaban esai pelajar dapat dihitung nilainya dengan melalui VLE ini. Pada sistem ini, jawaban pelajar dihitung secara bersama-sama sehingga waktu prosesnya memiliki hubungan linier dengan banyaknya jawaban pelajar yang dihitung.
Kesimpulan dari skripsi ini yaitu aplikasi SIMPLE-O dapat berhasil diimplementasikan pada Moodle, jumlah attempt yang dihitung berbanding lurus dengan lama waktu pengeksekusian halaman perhitungan. Ratarata waktu yang dibutuhkan untuk memproses 5 attempt sebesar 32,983 detik, untuk 10 attempt sebesar 78,678 detik, dan untuk 15 attempt sebesar 113,752 detik.

This paper will present about the use of automated essay grading system with Latent Semantic Analysis (LSA) in an electronic leaning media. Essay grading system used the SIMPLE-O which is the automated essay grading using LSA.
In this paper, an essay calculating part of the SIMPLE-O is implemented into a Virtual Learning Environment (VLE) called Moodle. By doing SIMPLE-O and Moodle integration, student essay answer can be calculated through this VLE. In this system, the student answer calculated together so that the processing time has a linear relationship with the number of student answers are counted.
The conclusion of this paper is the SIMPLE-O can be successfully implemented on Moodle, the amount of calculated attempt is proportional to the execution time of the calculation pages. Average time required to process five attempts is 32.983 seconds, for ten attempts is 78.678 seconds, and for the fifteen attempts is 113.752 seconds.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

No. Panggil : S51228
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 26 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51228 14-22-71776018 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249070