:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pembangunan simulasi dan analisa kinerja optimalisasi VoIP-SIP dengan resource reservation protocol (RSVP) = Simulation and performance analysis of VoIP-SIP with resource reservation protocol (RSVP)

Hennanda Wulandari; Kalamullah Ramli, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai pembangunan simulasi dan perbandingan QoS objektif pada jaringan VoIP berbasis SIP dengan variasi penggunaan protokol RSVP, codec, serta besarnya bandwidth yang digunakan. Variasi codec yang digunakan yaitu G.711 , GSM dan G.729 serta variasi bandwidth 64 Kbps dan 128 Kbps dengan utilitas jaringan sebesar 20 %. Parameter pengukuran yang diukur adalah delay dan jitter. Dari hasil simulasi diperoleh bahwa pada jaringan tanpa RSVP, codec G.711 memiliki nilai delay dan jitter yang paling besar. Sedangkan pada jaringan yang menggunakan RSVP, dapat dilihat bahwa nilai delay dan jitter menjadi lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan RSVP. Hal ini karena RSVP mereservasi sumber daya yang ada terlebih dahulu sehingga bisa mnegurangi nilai delay dan jitter.

The focus of this study is to create simulation and to compare the objective QoS ini SIP based VoIP with variations in RSVP protocol, codec, and also bandwidth. The codec variations are G.711, GSM and G.729 at 64 Kbps and 128 Kbps with 20 % network utility. The measured QoS parameters are delay and jitter. From the simulation, it is known that in the network without RSVP, G.711 has the biggest delay and jitter. Besides, in the network with RSVP, it is known that the value of delay and jitter are better than ini the network without RSVP. It is happened because RSVP wil reserve network resources so that delay and jitter can be reduced.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

No. Panggil : S51184
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 42 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51184 14-21-840662426 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249080