:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Rancang bangun pendeteksi kadar melamin dari bahan makanan dengan teknik spektral = Development software for identification Melamin from food using spectral technique

Taufan Adhitya Wiranto; Arman Djohan Diponegoro, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Pencampuran susu dengan melamin ditujukan untuk mengelabuhi badan pengawasan makanan, agar terlihat kandungan protein dalam susu bagus.kualitas susu bagus terlihat dari kadar nitrogen yang terkandung dalam asam amino,karena melamin mempunyai kadar nitrogen yang tinggi sebanyak 66% maka susu akan terlihat mempunyai protein tinggi. Jaringan Syaraf Tiruan (JST) adalah suatu metode komputasi untuk memodelkan suatu sistem. Bentuk dan sifat JST yang sangat flexible memungkinkan JST digunakan untuk memodelkan, merancang dan menganalisa pendeteksian kadar melamin dari bahan makanan. Metode yang digunakan adalah backpropagation yang terdiri atas lapisan masukan, lapisan tersembunyi dan lapisan keluaran. Data yang diperoleh yaitu dari pengukuran yang dilakukan di LAB afiliasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Universitas Indonesia.Analisa Sistem yang dilakukan adalah training data dengan fungsi gradien (traingd) serta menggunakan fungsi aktivasi purelin.hasil identifikasi kemudian di hitung persen error dari jaringan.

Melamine mixing with milk and Some of food is to manipulating for food control agency, and to look good protein in milk is looking from the nitrogen content of the amino acid, because the melamine has a high nitrogen content of 66% then milk look like have a good protein content. Network Network is a method for computing and modeling a system. Neural Network is so flexible so allow neural netwok using to modeling, design and analyze detectition of melaminn level from food. Which using backpropagation metode, this metode include input layer, hidden layer, and output layer. All data get from Afilition Laboratory in Science Faculty in University of Indonesia depok. System analyze using gradient function (traingd) and using purelin activation function and all data identification then calculate in persen with neural network.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

No. Panggil : S51142
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 79 hlm. ; ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51142 14-22-71913233 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249178