:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis nilai effective isotropic radiated power (EIRP) tiga sistem jaringan (2G, 3G, CDMA) pada perangkat multi network = Analysis of effective isotropic radiated power (EIRP) value of three networking system (2G, 3G, CDMA) in multi networking sets of equipment

Muhammad Ilham; Nji Raden Poespawati, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Suatu solusi yang terbaik bagi semua operator yang menyediakan pelayanan bagi pelanggannya dalam menjangkau coverage area yang sering di kunjungi adanya penyediaan jaringan indoor, yang memudahkan dan memuaskan pelanggan dalam menggunakan mobile cellular. Semua Operator berlomba untuk menjadikan yang pertama dan terbaik dalam menjangkau seluruh area yang menjadi target traffic. Perubahan peraturan pemerintah yang menetapkan bagi semua operator untuk membangun tower bersama, manjadikan suatu keuntungan dan juga kerugian bagi semua operator, salah satunya pada jaringan indoor yang sangat mempengaruhi kuat dan kualitas sinyal yang di dapat. Oleh sebab itu pada tugas akhir ini, akan dianalisa perbandingan nilai Effective Issotropic Radiated Power (EIRP) tiga sistem jaringan, yaitu 3G, 2G dan CDMA) pada perhitungan link budget antena secara teori dengan hasil implementasi antena di lapangan pada jaringan, infrastruktur yang sudah ada, data tersebut di dapat dari PT. Hutchinson CP Telecomunication dan operator CDMA, sehingga diharapkan dapat menemukan keuntungan dan kerugian masing - masing dari ketiga sistem tersebut dalam menggunakan perangkat secara bersamaan yang di kenal Multi Network (Multi Operator).

One of the best solution for al operators providing the service for their customer in covering the coverage area that is commonly visited is to provide indoor network. It eases and satisfies the customers in using mobile cellular. All operators compete to be the first and the best operator in covering all target traffic areas. The change of goverment's rules that makes all operators build the tower together, gives them some benefits and disadvantages, one of them is in indoor network that affects the signal streght and quality. In this final assignment, the comparison between Effective Isotropic Radiated Power (EIRP) value of three networking system (3G, 2G and CDMA) in antenna link budget counting and the implementation result of antenna in the field of networking and existed infrastructure will be analyzed. The data is collected from PT Hutchinson CP Telecomunication and CDMA operator so that we can find benefits and disadvantages from each of those three systems in using Multi Networking (Multi Operator).

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

No. Panggil : S51127
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 64 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51127 14-22-87417849 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249202