:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Desain & implementasi IUB over IP pada jaringan WCDMA UMTS

Muhammad Iqbal; Dadang Gunawan, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Penggunaan IP Transport pada radio jaringan akses semakin populer, hal ini terutama di dukung oleh kebutuhan fleksibilitas kapsitas dan mampu menurunkan biaya transport pendukung pada implementasi mobile broadband. Dalam hal ini Ericsson sebagai salah satu vendor telekomunikasi telah mengembangkan solusi yang fleksibel dengan mengembangkan RAN yang berbasiskan IP transport (IP RAN) untuk memenuhi kebutuhan operator seluler sebagai penyedia layanan broadband. Deangan adanya teknologi IP Transport ini diharapkan mampu menggantikan jaringan transport terdahulu (TDM dan ATM) sebagai media transport dalam Radio Access Network (RAN) dalam upaya mempertahankan dan mengembangkan kinerja jaringan dan meningkatkan flexsibilitas pada jaringan mobile broadband.
Oleh sebab itu pada skripsi ini, akan di lakukan desain & Implementasi IP RAN dalam Jaringan WCDMA khususnya perancangan interface Iub over IP sebagai penganti Iub over ATM, dalam hal ini Ericsson sebagai vendor penyedia jasa layanan bagi penyelenggara Telekomunikasi menawarkan jasa implementasi Iubb over IP sebagai solusi untuk mengembangakan teknologi yang mengarah kepada teknologi broadband. Dengan adanya Implementasi Iub Over IP sangat membantu dalam menangani permasalahan kapasitas Node-B di RNC yang saat ini masih terhubung melalui ATM, dan mungkin memerlukan substansial dan restruktur Jaringan dalam skala global yang mampu di layani oleh teknologi IP.

IP transport in Radio Access Networks becomes increasingly popular. This is mainly driven by the needs of capacity flexibility and lowered transport costs supporting mobile broadband. Ericsson has developed flexible IP RAN reference solutions to meet the needs of mobile operators. The reference solutions have been verified in labs and actual network deployments. In this way, IP technology can now replace TDM and ATM RAN transport maintaining network performance and increase flexibility.
In this research , will be doing the design & implementation of IP RAN in WCDMA networks especially the design of the interface Iub Iub over IP over ATM as a substitute, in this case as a vendor Ericsson for the conductor of the service provider offers implementation Telecommunications services Iub over IP as a solution to Develop technologies that lead to broadband technology. With the implementation of Iub over IP is very helpful in dealing with capacity issues at the RNC Node-B which is still connected via ATM, and may require substantial and restruktur network on a global scale that can examined by IP technology.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

No. Panggil : S51338
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 57 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51338 14-17-174415982 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249304