Skripsi ini membahas penggunaan proteksi untuk lajur Jakarta-Pekanbaru untuk menghindari kemungkinan terburuk akan kegagalan sistem dibutuhkan kehandalan dari sistem proteksi tersebut untuk merestore trafik pada jaringan Jakarta-Pekanbaru. Pemilihan proteksi yang tepat pada jaringan Jakarta-Pekanbaru didasarkan pada distribusi trafik, topologi jaringan dan pertimbangan ekonomis. Ada beberapa macam tipe sistem proteksi pada SDH yang bisa diterapkan pada jaringan DWDM yaitu MSP 1+1 , MSP 1:n, SNCP, dan MSSPRing. Pada prinsipnya, sistem proteksi ini bekerja dengan cara menyediakan atau mengambil beberapa kapasitas di jaringan yang akan dialokasikan sebagai kapasitas di kanal cadangan.This study discuss the protection of Jakarta-Pekanbaru network that can prevent from the system failure, this study also explain about the use of the protection system to restore traffic in Jakarta- Pekanbaru network. The process to find the right system protection is based on the traffic distribution, network topology, and also economic consideration. There are many kind of system protection in SDH that can be implemented in DWDM network, which are MSP 1+1, MSP 1:n, SNCP, and MS-Spring. Thus In principal, this protection system works by providing or getting network capacity which will be allocated as the capacity of substitute channel. |