:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pendekatan psikologi lingkungan dalam pembentukan pola ruang pada rumah susun = The approach of environmental psychology in the forming of space pattern inside the flats

Mala Silviani; Panjaitan, Toga H., supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Rumah susun dirancang dengan kriteria luasan terbatas dan standarisasi kebutuhan manusia secara umum. Keterbatasan ruang tersebut kadang tidak sebanding dengan besarnya kebutuhan penghuni yang menempatinya sehingga pada akhirnya akan memunculkan konflik di dalam ruang. Namun hal ini bukan berarti rumah susun dianggap tidak memenuhi syarat keidealan sebuah hunian, karena dalam kenyataanya, penghuni ternyata mampu beradaptasi dengan keterbatasan tersebut dengan membentuk pola ruang baru agar seluruh kebutuhanya dapat terpenuhi.
Berkaitan dengan hal tersebut, skripsi ini ingin membahas mengenai pembentukan pola ruang di dalam rumah susun, berdasarkan aktivitas, penggunaan furnitur dan pembagian zona, serta mengkaitkanya dengan sisi psikologis manusia terhadap ruang bertinggalnya. Pola inilah yang akan menunjukkan upaya dan intervensi penghuni dalam hunian, sehingga akan terlihat bahwa unsur kuantitatif tidak lagi diperhitungkan dibandingkan dengan unsur kualitatif ruangnya. Keterlibatan manusia di dalam ruang inilah yang akan membentuk karakter dan identitas sebuah hunian.

Flats are designed with a limited area and based on general standarization of human needs. In some cases, that limitation of space does not equal with the occupant's needs, at the end this condition causes conflicts of space. Yet, this does not mean that flats are regarded as inproper for a dwelling. In fact, the occupants actually can adapt with the limitation of space by making a new pattern of space so that all of their needs will be fulfilled.
Thus, this minithesis discuss about the forming of space pattern inside the home, based on occupant's activities, zoning, and the use of furniture, also relates them with human psychology to their dwelling. This pattern will show the efforts and occupant's intervention to dwelling, so it can proves that quantitative aspects no longer significant compared to the space qualitative aspects. The involvement of human in space will form the character and identity of a dwelling.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

No. Panggil : S52350
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 85 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52350 14-22-02581141 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249549