:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perancangan permainan simulasi optimasi peletakan container di kapal dengan pendekatan prototype = Designing of simulation game for container allocation optimization at ship with prototyping approach

Fenny Tandra; Akhmad Hidayatno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Kapal merupakan salah satu transportasi massal yang sering digunakan untuk kegiatan distribusi. Pelabuhan merupakan tempat pemberhentian kapal merupakan tempat penanganan bongkar muat container yang akan didistribusikan baik secara lokal maupun global. Penanganan bongkar muat container di kapal merupakan sistem yang kompleks karena ada variabel-variabel yang harus diperhatikan. Dalam penanganan bongkar muat container secara tepat dan benar diperlukan ahliahli sumber daya manusia yang memahami akan hal ini. Untuk pengadaan ahli-ahli sumber daya manusia ini, dibuatlah permainan simulasi peletakkan container di kapal dengan pendekatan prototype.
Pada penelitian ini, pertama akan dicari variabel-variabel dan kendala apa saja yang mempengaruhi proses penanganan bongkar muat container di kapal pada keadaan nyatanya. Setelah itu permainan ini dibuat dengan pendekatan prototype dengan terlebih dahulu mengidentifikasi kebutuhan alat bantu yang dibutuhkan. Agar proses pembelajaran ini berjalan dengan efektif dibuat pedoman permainan bagi peserta yang diharapkan dapat mempermudah proses belajar bagi peserta yang ingin mempelajari sistem penanganan bongkar muat container di kapal melalui eksperimen yang mereka jalankan sendiri.

Ship is the one of mass transportations that uses for distribution activity. Port is ship terminal where container will be distributed locally either globally. Container handling is a complex system due to variables that should be concerned. To have appropriate container allocation, expertise related to this system is required. Considering above conditions, simulation game for container allocation optimization with prototyping approach was made.
In this research, first of all the variables and contraints in container allocation at ship are identified. Then, the tools for prototyping were identified. In addition, some rules were developed to make the simulation process effectively. By doing the experiments thru this simulation game, people can learn the optimization process and implement it the real condition.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S50384
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 93 hlm.; ill.; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50384 14-22-83774705 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249898