:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perancangan Web based mortality survey system dengan metode rekayasa sistem = Design of web-based mortality survey system using system engineering

Ria Grace Widjaya; Akhmad Hidayatno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Karya tulis ini bertujuan untuk melakukan perancangan terhadap Web-based Mortality Survey System dengan Metode Rekayasa Sistem. Dengan sistem ini, maka tiap penyedia fasilitas kesehatan dapat memasukkan data indikator kematian yang kemudian ditransformasikan ke dalam data yang terukur di dalam laporan yang sudah didesain. Melalui laporan-laporan yang akan dihasilkan oleh sistem, diharapkan dapat digunakan oleh pengguna untuk mengidentifikasi permasalahan kualitas dan kemudian melakukan peningkatan kualitas kesehatan untuk area DKI Jakarta. Sistem ini dapat dikatakan sebagai decision support system bagi pihak yang berkepentingan bagi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.
Perancangan sistem ini menggunakan metode rekayasa sistem, yang menjadi panduan untuk melakukan perancangan terhadap sistem yang kompleks. Kompleks dalam arti sistem memiliki hubungan yang rumit satu dengan lainnya. Aplikasi perangkat lunak juga memiliki antar muka yang kompleks karena berhubungan dengan operator. Metode rekayasa sistem dapat memandu perekayasa sistem untuk dapat melakukan proses desain dan implementasi suatu sistem yang kompleks secara iteratif dan komprehensif.
Hasil yang diperoleh dari karya tulis ini adalah desain prototipe komponen, di antaranya halaman-halaman situs yang digunakan untuk berbagai kepentingan, maupun template untuk jenis-jenis laporan yang dihasilkan dari pen-download-an laporan tersebut. Jenis-jenis laporan yang dapat di-download adalah: 1) Laporan Umum Agregat 2) Laporan Umum Benchmark Fasilitas Tertentu dengan yang lain 3) Laporan Umum Benchmark Fasilitas Tertentu dengan Agregat 4) Laporan Customized Agregat 5) Laporan Customized Benchmark Fasilitas Tertentu dengan yang lain 6) Laporan Customized Benchmark Fasilitas Tertentu dengan Agregat.
This paper is intended to perform design of Web-based Mortality Survey System using System Engineering method. With this system built, every healthcare facility will be able to input indicator of mortality, and these will be transformed to measured data in the pre-designed report. With these pre-designed report, it is expected for every user to be able to identify healthcare and health quality problem , especially for area in DKI Jakarta. This system acts as an decision support system for those who are in charge and has interest in improvement of healthcare quality system.
The design approach uses system engineering method, which becomes guide in performing design process for complex system. Complex means that system has intricate relationship one another. Software application has complex interface because it can not predict complex interface between system and operator. System Engineering method can guide system engineer to perform design process and complex system implementation iteratively and comprehensively.
Results generated from this paper are component prototipes, which are web pages that will be used for different kind of purpose, and also template for different kind of report usage. These downloadable reports are: 1) Aggregate general report 2) General report : Benchmark to another project participants 3) General report : Benchmark to aggregate project participants 4) Aggregate customized report 5) Customized report : Benchmark to another project participants 6) Customized report : Benchmark to aggregate project participants.

 Metadata

No. Panggil : S50298
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 174 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50298 14-17-220154597 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249916