:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perancangan tiga fase quality function deployment sebagai acuan penentuan strategi perbaikan kualitas di unit terminal peti kemas Belawan = Setting up of plan of 3 phase of quality function deployment based on customer satisfaction scorecard as reference of determination of strategy of quality improvement in belawan container terminal unit

Astri Annisa; Teuku Yuri M. Zagloel, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Unit Terminal Peti Kemas (UTPK) Belawan sebagai salah satu industry jasa yang bergerak di bidang kepelabuhan memiliki komitmen dalam pemenuhan kebutuhan konsumennya untuk memberikan kepuasan pelanggan dengan adanya - sasaran mutu - yaitu - bertekad memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa - . Salah satu cara untuk dapat memuaskan kebutuhan pelanggan adalah dengan melakukan pengembangan jasa (service development). Salah satu faktor yang penting dalam keberhasilan perusahaan adalah kecepatan dan ketepatan perusahaan dalam mengembangkan pelayanan kepada konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang tiga fase Quality function Deployment berbasis Customer Satisfaction Scorecard (CSS) sebagai acuan penentuan strategi perbaikan kinerja operasional pada proses bongkar-muat peti kemas internasional di UTPK Belawan. Dari hasil penilaian CSS oleh 35 perusahaan pengguna jasa dijadikan acuan dalam membuat usulan inisiatif perbaikan kinerja perusahaan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment agar dapat meningkatkan kepuasan pengguna jasa. Penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada pihak perusahaan mengenai metode penilaian keinginan pelanggan sehingga pihak perusahaan dapat dengan cepat dan tepat memahami keinginan pelanggannya.

Belawan Container Terminal Unit as one of service industries which is active in the field of port affairs, it has a commitment in order to fulfil its customer's need to give customers's satisfaction by the existence of 'quality objective' i.e 'to resolve in giving the best service to customers'. One of the best ways to satisfy customer's need is by doing the service development. One of the important factor of corporate success is its speed and accuration in development of service for its consumers. The objective of this reserach is to design 3 phase of quality function deployment qhich is based on customers satisfaction scorecard as reference of determination of strategy of quality improvement on international container loading and unloading process in Belawan Container Terminal Unit. From the result of CSS appraisal by 35 customer corporation is made as reference in making initiative proposal of corporate performance improvement which uses Quality Function Deployment method in order to improve the customer's satisfaction. This research is expected could give the input to corporate side in concern with the appraisal method of customer's need. So the corporate side could understand its customer's need timely and accurately.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S50294
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 117 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.,
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50294 14-21-172172799 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249958