:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Optimasi ergonomi pada stasiun kerja divisi finishing UKM industri garmen dengan pendekatan posture evaluation index dalam virtual environment

Romadhani Ardi; Erlinda Muslim, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Skripsi ini berupaya mengkaji, dalam virtual environment, kondisi ergonomi dari 4 buah stasiun kerja pada divisi Finishing UKM Industri Garmen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan hasil analisis dari tiga buah metode: Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA).
Tujuannya adalah untuk menentukan konfigurasi optimal yang mempengaruhi kondisi kerja pada divisi Finishing. Variabel yang menentukan pemilihan konfigurasi adalah persentil data antropometri dan posisi kerja. Dihasilkan 14 buah konfigurasi yang akan dianalisis. Hasil penelitan menyarankan agar konfigurasi optimal dijadikan landasan dalam pembuatan standar metode kerja yang ergonomis.

This thesis tried to study, in a virtual environment, the ergonomics of 4 work stations in Finishing Division, Garment Industry SME. Posture Evaluation Index (PEI) used as an approach that integrated the results of these tree methods: Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), and Rapid Upper Limb Assessment (RULA).
The objective is to determine the optimum configurations that influence working conditions in Finishing Division. Variables that determined the configurations are anthropometry percentiles and work positions. There are 14 configurations that will be analyzed. The results suggest that optimum configurations should become basis in creating better work methods.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S52089
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 147 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52089 14-22-94896667 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20249987