:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Usulan pengurangan dampak lingkungan proses produksi industri kemasan dengan environmental value stream mapping = Proposed reduction of environmental impact of industrial packaging production processes with environmental value stream mapping

Nian Putri Floria; Akhmad Hidayatno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai pengurangan dampak lingkungan pada industri manufaktur secara umum, dengan mengambil sampel pada industri kemasan. Pengurangan dampak lingkungan dilakukan dengan mengidentifikasi dan mengurangi buangan yang berpengaruh terhadap lingkungan (environmental waste) di sepanjang proses produksi. untuk mengidentifikasi environmental waste menggunakan metode environmental value stream mapping.
Hasil yang didapat dari current state map adalah terdapat proses yang memiliki dampak lingkungan karena menggunakan material yang berbahaya, proses yang memiliki tingkat cacat tinggi, dan adanya overprocessing dalam bentuk inspeksi dan rework di sepanjang value stream. Untuk mengatasinya, dibuatlah strategi-strategi untuk mencapai future state map dengan menggunakan tree diagram.

This study discusses about the reduction of environmental impacts on manufacturing industry in general, by taking samples in the packaging industry. Reducing environmental impact is done by identifying and reducing waste that affect the environment (environmental waste) throughout the production process. to identify environmental wastes using value stream mapping environmental methods.
The result from the current state map is there are processes that have environmental impacts due to use of hazardous materials, a process that has a high defect rate, and the presence of overprocessing in the form of an inspection and rework along the value stream. To overcome this, they invented the strategies to achieve future state map by using tree diagrams.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S51843
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 72 hlm. : ilus. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51843 14-22-27813920 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250068