:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perancangan cara mendeteksi re - order point suku cadang untuk meningkatkan performa persediaan = Design of re-order point detection for sparepart to increase inventory performance

Kris Sundaputra; Teuku Yuri M. Zagloel, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Persediaan adalah asset bagi perusahaan dan di dalam persediaan itu pula terdapat dana yang terikat, menjalankan fungsi persediaan berarti mengeluarkan biaya Oleh karena itu persediaan tidak diinginkan dalam arti persediaan tidak memberikan kontribusi langsung terhadap proses yang berlangsung. Di lain pihak persediaan tetap di perlukan unruk menjaga performa mesin yang secara tidak langsung berarti menjaga performa produksi di suatu perusahaan. PT YKK Zipper Indonesia mengandalkan maintenance melalui pengamatan visual untuk mengendalikan persediaan suku cadang mesin produksi, sehingga diperlukan suatu pengaturan yang lebih reliable dan dapat dipertanggung jawabkan.
Dari perhitungan dengan metode Maximum Inventory dapat di ketahui parameter safety stock suatu sukucadang tertentu yang berguna dalam pengendalian persediaan sehingga tidak terjadi stock out atau kehabisan, dan dapat pula di ketahui parameter sukucadang maksimum yang harus di simpan, melalui parameter-parameter inilah akhirnya bisa diketahui Re-Order point yang tepat sesuai dengan tujuan manajemen persediaan yaitu untuk menjamin tersedianya material pada saat yang tepat, pada tempat yang tepat, kualitas yang tepat serta biaya yang tepat.

Inventories are an asset in the firm and in that inventory also there are connected fund, using the function of inventory means outgoing cost. That is why a good and wise inventory is needed. Though inventory does not have a direct contribution to the process, on the other hand it still needed to maintain machine performance and production performance in the firm. PT YKK Zipper Indonesia uses maintenance ability to control sparepart inventory by using visual perception. That is why a more reliable method was needed in inventory management.
By using maximum inventory method, safety stock and maximum parameter of an item can be obtained which are useful in managing the inventory in line to prevent stock out. Finally by using that parameter we can know the correct re-order point and this is parallel with the purpose of inventory management that is to guarantee available of material at the correct time, correct place, correct quality and also correct cost.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S51962
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 57 hlm. : ilus. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51962 14-21-051422713 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250130