:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perancangan ulang bisnis proses tinjauan kontrak pada perusahaan percetakan label dengan menggunakan pendekatan business process reengineering = Redesign of business process evaluation contract at printing label company by using business process reengineering approach

Seno Prabowo Kurniadi; Teuku Yuri M. Zagloel, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Skripsi ini membahas tentang perancangan ulang bisnis proses tinjauan kontrak dengan menggunakan pendekatan rekayasa ulang bisnis proses. Proses operasional memiliki banyak kegiatan yang tidak memberikan nilai tambah. Tujuan dari skripsi ini adalah memetakan proses sekarang dan merancang ulang bisnis proses yang baru yang lebih efisien, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode pemetaan bisnis proses digunakan dengan mengumpulkan informasi utama berdasarkan data yang ada serta konfirmasi dengan pemilik proses. Untuk memperoleh pemahaman yang benar mengenai proses, dilakukan pula analisa kualitatif (pelayanan, Sumber daya manusia, teknologi) dan analisa kuantitatif (jumlah aktivitas dan waktu proses).
Ada dua pendekatan utama untuk merancang ulang proses, yaitu pendekatan desain ulang sistematis dengan menggunakan metode ESIA (Eliminasi, Penyederhanaan, Penggabungan, dan otomatisasi proses) dan pendekatan clean sheet (menggunakan metode idealisasi). Penggunaan kedua pendekatan ini dikombinasikan untuk mencapai yang terbaik. Hasil perbandingan antara proses sekarang dengan proses yang telah dirancang ulang menunjukkan bahwa proses baru mampu meningkatkan efisiensi proses. Peningkatan efisiensi aktivitas mencapai 67.5 % dan peningkatan efisiensi waktu penyelesaian sebesar 94.39 %.

This research study about redesigning a business process of evaluation contract by using business process reengineering. The operational processes have many non-value-adding activities. The objectives of this research are to mapping the current processes and proposed a new design business process that more efficient, so that can improve the customer satisfaction at the end. business Mapping method process used by collecting the existing data and also confirmation with owner of process. Qualitative analysis (considering services tasks, people, and technology) and quantitative analysis (considering number of activity and time) were also used to gain a better understanding about the processes.
There are two main approaches to redesigning process, systematic redesign approach with ESIA method (Elimination, Simplify, Integrate, Automate) and clean sheet approach (with idealizing method). This two approaches combined to get a best result. The comparison between the current process and proposed process showed that new process able to improve efficiency process. Make-Up of activity efficiency reach 67.5 % and the time efficiency improved to 94.39 %.

 Metadata

No. Panggil : S51910
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 82 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51910 14-21-679408360 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250148