:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Penetuan bobot prioritas peningkatan kinerja pengelola apartemen ditinjau dari sisi operations management dengan metode analytic network process = Determining the weight of priority to increase the apartment management performance viewed from operations management side by analytic network process

Siregar, Paristo Hasoloan; Amar Rachman, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Dalam dunia bisnis terdapat kebutuhan terhadap sebuah strategi yang didefinisikan dengan baik. Tingkat kecepatan perubahan dan tekanan yang dihadapi menuntut organisasi harus mampu merencanakan dan menjelaskan bagaimana mendapatkan keuntungan kompetitif yang merupakan esensi dari strategi. Analytic Network Process digunakan sebagai alat bantu pengambil keputusan untuk merancang langkah-langkah efektif melalui bobot prioritas untuk meningkatkan kinerja dari sebuah organisasi. Dengan metode ini pula segala kemungkinan dari elemen-elemen yang mempengaruhi suatu tujuan dapat digabungkan sehingga keakuratan dari langkah-langkah yang diambil sangat tinggi. Aplikasi metode Anlaytic Network Process ini dapat diaplikasikan kepada pengelola apartemen.
Dari hasil penelitian dan penggunaan aplikasi metode Analytic Network Process terhadap kasus ini, ada enam kriteria penting yang harus dipertimbangkan untuk peningkatan kinerja pengelola apartemen. Kriteria tersebut adalah Health and safety, maintenance, facilities, quality, management effort dan secuity. Dari enam kriteria diatas terdapat hubungan yang saling mempengaruhi tergantung dari bobot pengaruh antar kriteria. Alat bantu yang digunakan untuk menghitung bobot pengaruh serta pembuatan jaringan modelnya, menggunakan super decisons 1.6.0.
Dari hasil perancangan jaringan model dengan input 6 kriteria dan 24 sub criteria diperoleh hasil bobot pengaruh secara overall. Sub kriteria yang paling berpengaruh dalam jaringan model ini adalah komitmen managemen, dilanjutkan dengan perhitungan ekspektasi pelanggan terhada quality. Kedua sub kriteria ini mempunyai bobot pengaruh yang paling tinggi terhadap peningkatan kinerja pengelola gedung. Bobot pengaruh selanjutnya adalah standarisasi material yang digunakan yang berada dalam criteria health and safety. Langkah keempat adalah sub kriteria perfection yang berada dalam kriteria maintenance. Langkah kelima adalah konsep pengamanan apartemen yang berada dalam kriteria Security dan yang terakhir adalah pengembangan peralatan secara berkelanjutan yang ada dalam kriteria facilities.

In business, there is a need for a well-defined strategy. The rate of changes and pressures that should be faced by companies has urged them to be able to plan and describe how to gain the competitive advantages, which is the essential meaning of strategy. Analytic Network process used as an aim tool to decide effective sequences by priority rating weighting with purpose to increase their performance. By this method, every probability which can influence a goal, can be early detected so that the final result of goal would be accurate. applies this method to one of apartment management.
Researcher tries to design the effective sequences for increasing their performance. As final result, researcher has found six clusters and twenty four elements as the most influence to gain the performance of apartment management. The highest rating is management effort. In management effort there are several elements which are one of elements in management effort most influences the result of management effort. The element is management commitment. So, it is means, to increase performance of apartment should be consider management effort and to increase management effort should be consider management commitment.
The result of this research there are six priorities that must be done by apartment management. It is acquired from determining result of priority rating by aim super decisions 1.6.0 software. The first step is how to gain management commitment, second is determining the customer's quality expectations, third is standardization of all material used, forth is perfection with respect to maintenance activities and the last is equipments continuous improvements.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S52144
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 105 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52144 14-20-611270798 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250149