:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Usulan perancangan sistem knowledge management dengan metode implementasi tiwana pada perusahaan bahan makanan

Rifki Zaini; Isti Surjandari Prajitno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Di dalam era globalisasi setiap perusahaan dituntut untuk senantiasa mengembangkan usahanya sehingga dapat bertahan dan unggul di dalam persaingan yang semakin ketat. Pengetahuan sebagai aset intelektual merupakan aset yang sangat penting di samping aset-aset fisik lainnya. Pengelolaan pengetahuan yang dikenal dengan Knowledge Management (KM) memegang peranan penting di dalam memberikan nilai kompetitif suatu perusahaan.
Pada penelitian ini dirancang suatu sistem KM pada departemen Automation PT. BFM, dengan metode langkah implementasi KM yang dikembangkan oleh Amrit Tiwana: KM Tool Kit. Perancangan dimulai dengan dua macam identifikasi, yaitu identifikasi awal dan identifikasi strategi. yang merupakan langkah di dalam menciptakan cetak biru sistem yang akan dikembangkan. Sistem tersebut nantinya akan memiliki suatu KM Tool yang sesuai dan dapat diterapkan perusahaan.
Hasil perancangan KM tool di dalam penelitian ini adalah berupa KM intranet, yaitu suatu portal (berbasis web) yang dapat diaplikasikan melalui teknologi intranet. Dengan KM intranet diharapkan perusahaan dapat secara efektif dan efisien menjelankan proses KM sehingga terjadi iklim pembelajaran untuk menghasilkan individu dan organisasi yang produktif dan inovatif.

In globalization era, every organization is expected to develop its business all the time so could be survived and leading in the hard competition. Knowledge as intellectual asset is the most important thing beyond the other physical assets. Knowledge management (KM) is the key to give competitive advantage to an organization.
This research designs a knowledge management system at Automation department PT. BFM, with reference of Amrit Tiwana's 10 road map of KM implementation: KM Tool Kit. The design was started by doing two kind identifications as step to build a blue print of system to be developed, that will use suitable KM tool for company.
The result of KM tool design is KM intranet. KM intranet is a portal (web based) in which could be implemented by intranet technology. By KM intranet, company can run KM process effectively and efficiently to create productive and innovative knowledge worker.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S51888
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 117 hlm. ; ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S51888 14-22-32431033 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250151