:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisa nilai asset sumber daya Manusia dengan metode human capital untuk mengukur ROI teknisi manajemen gedung = Asset value analysis human resource with method human capital to measure ROI technician management building

Agus Suyono; Fauzia Dianawati, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Pegawai merupakan suatu investasi yang sering terlupakan di perusahaan. Keberadaan mereka seringkali dianggap sebagai biaya oleh perusahaan. Padahal jika diteliti lebih lanjut mereka merupakan aset terbesar didalam perusahaan karena mereka memberikan pemasukan serta keuntungan terhadap perusahaan. Penelitian ini berfokus terhadap keuntungan yang didapat oleh karyawan dilihat dari kompetensi karyawan, dengan cara penghitungan nilai Return Of Investment (ROI). Faktor yang dimasukkan dalam penghitungan nilai ROI adalah keuntungan dari handle complaint, biaya yang dikeluarkan serta investasi yang dikeluarkan berupa gaji karyawan.
Penelitian ini menggunakan metode perbandingan berpasangan untuk menentukan bobot dari masing-masin kriteria kompetensi karyawan, dari metode perbandingan berpasangan didapatkan suatu model, dimana model ini digunakan untuk penghitungan nilai ROI yang baru. Sehingga dari nilai ROI yang baru dapat diketahui keutungan yang didapatkan oleh pegawai divisi teknik. Hasil Penelitian menyarankan untuk dilakukan penelitian yang lebih mendalam dalam faktor-faktor kualifikasi sumber daya manusia dengan menggunakan model statistik untuk mendapatkan hasil yang lebih dalam.

Employee is one of asset in the company, which many sometime is neglected. They are considered as expense in the company. However, if we look further they are the most importance asset in the company because they generate income and profit to the company. This research is focus on how much the benefit through one's employee can contribute, from side of human competency with calculating value of Return on Investment (ROI). Factors required for calculation value of ROI are profit from handle complaint, expenses and investment per month as employee's salary.
This research use pair comparison method to determined point of each criteria of human competency. The result is a model to calculate of new value ROI. Therefore from comparison of actual value ROI with value ROI by model. Result of the research suggest to conduct more thorough research in factors of classification human resource by using statistic method to get result of deeper.

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S52133
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 75 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52133 14-22-02939964 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250178