Pada jaman teknologi informasi saat ini pengetahuan dipandang sebagai asset bisnis strategis dalam bisnis global maka perlu adanya prosedur dan pengelolaan yang mendukung penambahan, pengembangan dan penggunaan pengetahuan. Salah satu cara pengelolaan pengetahuan pada suatu perusahaan tersebut adalah dengan menerapkan manajemen pengetahuan atau Knowledge Management (KM). Pada penelitian ini dirancang suatu sitem manajemen pengetahuan pada divisi produksi PT.CPI Balaraja, dengan suatu pendekatan metode SMARTVision pada tahap strategi dan model. Dilakukan identifikasi terhadap infrastruktur teknologi informasi dan media sharing pengetahuan, budaya perusahaan, kualitas proses pengelolaan pengetahuan, strategi manajemen pengetahuan dan audit aset pengetahuan. Hasil dari perancangan ini didapatkan pemetaan pengetahuan masing-masing departemen, gap pengetahuan yang terjadi, nama referensi pengetahuan,nama-nama ahli pengetahuan, perancangan pengembangan sumber daya manusia dengan membuat rancangan program training, perancangan KM Intranet yang berbasis web, prosedur proses sistem manajemen pengetahuan dan usulan budaya perusahaan untuk mendukung sistem manajemen pengetahuan ini. In this era of information technology, knowledge is seen as a strategic business asset in the global business. Thus, procedure and management that encourage improvement, development and knowledge usage need to be addressed. One way of managing knowledge in a company is to apply the Knowledge Management (KM). In this research a knowledge management system is designed in production division PT.CPI Balaraja, with SMARTVision approachment method, in model and strategies phase. An identification was made to the infrastructure of information technology and knowledge-sharing media, company culture, quality of knowledge management processes, knowledge management strategies and auditing knowledge assets. This design obtained ; mapping of knowledge each department, the knowledge gap that occurs, a reference knowledge, knowledge expert, the design of human resource development by creating a training program design, the design of KM Intranet web-based, procedure process knowledge management system and proposals to support the corporate culture of knowledge management systems. |