:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisa kelayakan teknis dan keuangan investasi mesin tekan untuk mendukung industri remanufaktur mesin alat berat = Analysis of technical and financial feasibility of investment pressing machine to support remanufacture industries for heavy equipment machinery

Jezen Zainal Arifin; Yadrifil, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Analisa kelayakan adalah suatu analisa yang meneliti apakah sebuah proyek atau peluang usaha layak dijalankan. Pada skripsi ini, analisa kelayakan yang dilakukan adalah untuk menentukan kelayakan pada pembuatan snap ring untuk dibuat sendiri atau dibeli dari local suplayer. Analisa kelayakan telah dilakukan berdasarkan aspek pasar, aspek teknis, dan aspek keuangan. Hasil dari peramalan permintaan produk dan data keuangan yang ada diolah dengan menggunakan minitab 14. Kemudian untuk dapat menghitung pendapatan dan parameter kelayakan keuangan, data-data tersebut diolah dengan menggunakan NPV, IRR, Payback Periode, dan PI. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan tinjauan aspek permintaan pasar dan aspek teknis, maka investasi ini dikatakan layak.
Pada pilihan alternatif make or buy decision, perusahaan dapat menghemat (saving) dengan membuat sendiri dengan membeli mesin pres. Selain ketiga aspek diatas, salah satu cara pengambilan keputusan dalam situasi yang tidak menentu adalah dengan melakukan analisa sensitivitas. Dasar analisa yang dipakai dalam analisis ini adalah dilihat dari ikhtisar laba-rugi dan aliran kas selama periode studi yaitu 3 tahun (sesuai dengan umur ekonomis mesin). Metode pendukung yang digunakan adalah simulasi bilangan random, untuk menghitung nilai NPV, dan IRR secara lebih tepat.

Feasibility analysis is an analysis that examines whether a project or business opportunity feasible to run. In this thesis, conducted a feasibility analysis is to determine the feasibility of making snap ring to make your own or purchased from local supplier. Feasibility analysis has been carried outbased on market aspects, technical aspects, and financial aspects. The results of forecasting demand for the product and financial data that is processed by using minitab 14. Afterward to be able to calculate the income and financial feasibility parameters, the data are processed by using the NPV, IRR, Payback Period, and PI. Based on the analysis by a review aspects of market demand and technical aspects, it is worth for the investment.
For the alternative choices or buy decision, the company can make savings with making by our own by buying a press machine. In addition to the above three aspects, one way of decision making in uncertain situations is to conduct a sensitivity analysis. Basic analysis used in this analysis is seen from the summary of profit and loss and cash flow during the study period of three years (according to the age of economical machine). The method used is to support simulation random numbers, to calculate the value of NPV, and IRR are more precisely.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S52120
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 69 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S52120 14-20-087836049 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250256