:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Rancangan hambatan dan power kendaraan amfibi = Resistance design calculation and amphibious vehicle power

Simatupang, A. Vrenky; Sunaryo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Banjir yang sering terjadi di daerah jakarta selalu memakan korban manusia. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu terlambatnya evakuasi korban banjir. Hal ini seharusnya sudah menjadi hal utama yang harus dipikirkan oleh pemerintah daerah Jakarta supaya kedepannya korban bencana banjir dapat segera dievakuasi dengan cepat. Untuk itu telah dikembangkan salah satu kendaraan yang dapat mengevakuasi para korban banjir secara cepat. Kendaraan tersebut adalah kendaraan amfibi yang mana dapat bergerak di daerah yang kebanjiraan dan juga di daerah yang tidak kena banjir. Serta ukuraan yang tidak terlalu besar, kendaraan amfibi ini dapat manelusuri daerah-daerah di Jakarta yang mana memiliki akses-akses jalan yang sempit.
Analisa kali ini adalah mencoba menghitung besarnya hambatan dan juga menghitung besarnya tenaga yang dibutuhkan dari kendaraan amfibi ini. Metode yang digunakan dalam perhitungan hambatan kali ini adalah dengan menggunakan peranti lunak hullspeed. Dengan perhitungan rancangan kali ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai salah satu referensi yang dapat digunakan untuk membuat kendaraan amfibi tersebut.

The flood that frequently happens in Jakarta region always takes victims. This thing happened due to several factors, one of it is the lateness of victim evacuation process. This should be the main concern of the government of Jakarta so in the future flood victims can be evacuated immediately. In order to handle the flood and its victims immediately, a special vehicle has been developed. The vehicle is an amphibious vehicle which can operate without problem not only in a normal condition but also in a flooded area. Due to its compact size this amphibious vehicle can reach Jakarta areas that have narrow access.
The analysis is try to figure out the amount of resistance and also tries to calculate the power in this amphibious vehicle. The method that is used at this resistance calculation is using hullspeed software. This design calculation later can be used as a reference for making the amphibious vehicle.

 Metadata

No. Panggil : S38098
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 58 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S38098 14-19-363890763 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250348