:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Information literacy mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia peserta program dasar pendidikan tinggi 2003

Naibaho, Kalarensi; Utami Budi Rahayu Hariyadi, supervisor; Diao, Ai Lien, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Sejak tahun 2002, Universitas Indonesia mengembangkan kurikulum untuk mahasiswa baru melalui Program Dasar Pendidikan Tinggi (PDPT). Metode belajar yang digunakan dalam PDPT adalah active learning dengan model Collaborative Learning (CL). Problem Based Learning (PBL) dan Computer Mediated Learning (CML). Metode active learning menuntut kemampuan tertentu khususnya dalam hal mengelola informasi. Perpustakaan dapat membantu mahasiswa dalam mengakses, mengevaluasi dan menggunakan informasi secara efektif dan efisien melalui pendidikan pengguna perpustakaan. Untuk mengetahui layanan seperti apa yang tepat bagi mahasiswa khususnya dalam hal mengelola informasi, perpustakaan perlu mengetahui kebutuhan pengguna perpustakaan. Salah satu cara adalah dengan mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa mencari, mengevaluasi dan menggunakan informasi.
Permasalahan dalam penelitian ini berfokus pada kemampuan mahasiswa Fakultas Psikologi UI 2003 dalam mencari dan menggunakan informasi dalam konteks active learning dan self regulated learning. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa menentukan dan mengidentifikasi informasi; 2) mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa mengakses informasi; 3) mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa mengevaluasi informasi dan sumber-sumbernya; 4) mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa menggunakan informasi; 5) mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa mengenai isu-isu sosial ekonomi informasi; dan 6) mengetahui bagaimana peran pendidikan pemakai yang diberikan perpustakaan bagi mahasiswa.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan disain deskriptif. Definisi information literacy yang digunakan adalah kemampuan mencari, mengevaluasi dan menggunakan informasi. Model operasional penelitian menggunakan Information Literacy Standards .for Higher Education yang dikeluarkan oleh American Library Association (ALA). Informan dalam penelitian ini terdiri dad 13 prang mahasiswa Fakultas Psikologi IIi yang mengikuti PDPT tahun 2003. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, sedangkan analisis dilakukan dengan merujuk pada standar dan pendapat para peneliti di bidang information literacy.Dari analisis terhadap hasil wawancara, disimpulkan bahwa : 1) kemampuan mengidentifikasi informasi masih tergolong novice; 2) kemampuan mengakses informasi digolongkan dalam kelompok intermediate; 3) kemampuan mengevaluasi informasi masih sangat rendah; 4) kemampuan menggunakan informasi cukup baik; 5) pemahaman mengenai legalitas informasi cukup baik; 6) hampir tidak ada manfaat pendidikan pemakai yang diberikan perpustakaan dalam kaitannya dengan information literacy. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa adalah : mendefinisikan permasalahan untuk mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan, menentukan informasi yang relevan dan merangkum informasi yang diperoleh menjadi suatu ide baru. }Iasi] penelitian menyarankan bahwa perpustakaan perlu dilibatkan dalam pengembangan kurikulum; materi pendidikan pemakai perpustakaan hares dikcuibangkan sesuai dengan komponen-komponen yang ada dalam information literacy; Perpustakaan juga harus menvediakan sarana dan fasilitas yang mendukung peningkatan literacy mahasiswa.

 File Digital: 1

Shelf
 T39161-Kalarensi Naibaho.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T39161
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 166 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T39161 15-20-288800168 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20250662