:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Implementasi kode etik pustakawan : studi kasus di Badan Arsip dan Perpustakaan Propinsi Jawa Tengah

Wiji Suwarno; Laksmi, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Tesis ini membahas implementasi Kode Etik Pustakawan yang diterbitkan oleh lkatan Pustakawan Indonesia (WI) tahun 2006 di Badan Arsip dan Perpustakaan Propinsi Jawa Tengah, khususnya pada Unit Pelaksana Teknis Perpustakaannya (Perpusda). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kode etik pustakawan dan budaya Jawa berjalan sating menguatkan, di mana pemahaman dan nilai-nilai terbangun melalui etika, agama yang diyakini, dan budaya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di Iingkungan kerja, sedangkan usaha implementasinya dilakukan dengan Cara melaksanakan tugas dengan sebaik¬baiknya dan menaati peraturan yang berlaku. Penelitian ini berupaya memberikan sumbangan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, membantu sosialisasi kode etik, dan sekaligus menjadi masukan-masukan untuk IPI.

The thesis is to discuss about the implementation of librarian code of ethics constructed the Librarian Association of Indonesia (IP1) 2006 amongs librarians in Badan Arsip dan Perpustakaan Province of Central Java within the technical implementing unit. It is a qualitative research with the method of analysis of case studies.
The result of this research indicates that librarian code of ethics and Javanesse culture are corroberate one another, which understanding and values are developed by ethics, religion, and culture in the daily live, particularly at job environment. The implementation efforts are carried out by doing the task perfectly and faithfully relied on regulation. This research is to become a donation for the knowledge development, to help socialization code of ethics , and to become recommendation to IPI.

 Metadata

No. Panggil : T37506
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 93 hlm. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37506 15-22-71706763 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20251318