:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Konsep Museum situs dan open-air Museum Indonesia: tinjauan kasus pada Taman Arkeologi Onrust, Museum Situs Kepurbakalaan Banten lama, dan Taman Mini Indonesia Indah

Retno Raswaty; Noerhadi Magetsari, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang konsep museum situs dan open-air museum yang sesuai dengan kondisi sejarah, sosial, budaya, dan kondisi geografis Indonesia. Dilaksanakan dengan menggunakan tiga buah museum yang ada di Indonesia, yaitu Taman Arkeologi Onrust, Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama, dan Taman Mini Indonesia Indah. Rumusan konsep tersebut diperoleh dengan mengacu pada rumusan konsep museum situs dan open-air museum di dunia serta perkembangan museum, museum situs dan open-air museum sejak awal mula pembentukannya hingga saat ini, terutama museum situs dan open-air museum di kawasan Mediterania, India, dan Eropa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan dengan melakukan studi literatur, observasi di lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian berupa rumusan konsep museum situs dan open-air museum Indonesia.

The focus of this study is the site museum and open-air museum concepts that suitable with the Indonesia?s historical background, social and culture, and also geographical condition. This study using three museum as the cases study, such as Taman Arkeologi Onrust (Onrust Archaeological Park), Museum Situs Kepurbakalaan Banten (Banten Archaeological Site Museum), and Taman Mini Indonesia Indah. The formulation of the concept of site museum and open-air museum were gained by extracting the formulation of site museum and open air museum in the world and its history, especially those museums and open air museum in Mediterania, India, and Europe. This research is qualitative descriptive interpretative. The data were collected by means of literature study, observation, and interview. Conclusion of the research are concept of the site museum and open-air museum that suitable for Indonesia condition.

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T37412
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 143 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37412 15-20-090294254 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20251381