:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh kondisi bekerja dan dukungan sosial terhadap Self-Esteem: kasus Underemployment pada Sarjana Strata-1 pria

Dyah Paramita Turner; Suprapti Sumarmo Markam, supervisor; Zainul B. Biran, supervisor (Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

Kondisi down-grade sebagai salah satu ciri dari kondisi underemployment yang dialami kaum sarjana strata-1 pria mendatangkan rnasalah bagi masyarakat maupun bagi subyek yang bersangkutan Penelitian ini berusaha untuk menguji hipotesis apakah variabel kondisi bekerja dan variabel down- grade berpengaruh pada taraf self-esteem seorang sarjana strata-1 pria. Pengaruh kedua variabel tersebut, terutama variabel dukungan sosial sengaja ditelaah untuk memberi kemungkinan melakukan intervensi psikologis tertentu demi perbaikan self-esteem. Melalui cara ini dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan maupun penanggulangan bagi subyek yang memiliki self-esteem rendah akibat kondisi down-grade yang dialaminya Penelitian dilakukan pada 150 subyek dengan menggunakan teknik incidental sampling. Alat ukur berupa kuesioner dukungan sosial dan kuesioner self-esteem berbentuk skala Likert.
Hasil utama penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari masing-masing variabel bebas terhadap self-esteem. Tidak terjadi interaksi yang signifikan di antara kedua variabel bebas terhadap self-esteem. Efek antara kedua variabel tersebut bersifat kumulatif, dimana variabel dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap self-esteem yang lebih besar daripada variabel kondisi bekerja. Ditemukan kecenderungan umum bahwa pada subyek yang mengalami kondisi down-grade memiliki taraf self-esteem yang rendah, dibandingkan dengan subyek-subyek yang tidak mengalami kondisi down- grade: Belum ditelaah lebih jauh mengenai jenis dukungan sosial seperti apa yang kiranya paling tepat untuk diberikan kepada kaum down-grade tersebut. Beberapa gejala yang ditemui di lapangan juga menunjukkan bahwa kondisi down-grade dapar mengarahkan seseorang umuk menampilkan perilaku dan sikap negatif seperti menarik diri dari lingkungan, merasa putus asa, dan merasa segan untuk bergaul dengan orang yang setara pendidikannya dengan subyek.
Saran untuk penelitian berikutnya, agar hasil penelitian ini dapat diterapkan secara efektif dalam upaya mencegah dimilikinya self-esteem yang rendah pada diri seseorang, maka dirasa perlu untuk melakukan suatu analisa secara rinci mengenai jenis dukungan sosial yang bagaimana yang sebaiknya diberikan pada individu-individu tertentu dalam kondisi down-grade. Penelitian mengenai pemahaman akan proses dari gejala terjadinya pembentukan taraf self-esteem dapat pula dipertajam dan dipcrkaya. melalui suatu wawancara mendalam kepada subyek.

 File Digital: 1

Shelf
 S2182-Dyah Paramita Turner.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S2182
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1995
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 137 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2182 14-18-125694769 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20252328