Perjanjian kerjasama PT.Martina Berto dengan Model Iklan (suatu analisis perjanjian kerjasama No.007/SPKM/MB-SMA/MIRABELLA/IV/2005 Tanggal 1 April 2005)
Nazla Anastasia;
Rosa Agustina, supervisor; Farida Prihatini, examiner
([Publisher not identified]
, 2005)
|
ABSTRAK Perusahaan sangat membutuhkan iklan sebagai alat yangefektif untuk memperkenalkan, menginformasikan dan membujukkonsumen untuk membeli produknya. Dalam proses pembuataniklan, perusahaan yang memproduksi suatu barangmembutuhkan perusahaan agency sebagai perusahaan jasa modeldan agen model. Demi kepastian hukum persetujuan antaraperusahaan dan model iklan (perusahaan agency)diaplikasikan dalam bentuk perjanjian secara tertulis.Untuk itulah dalam tesis ini dibahas mengenai bentukperlindungan hukum yang diberikan perusahaan dalam membuatperjanjian dengan pihak model iklan dan upaya hukum yangdapat dilakukan model iklan bila perusahaan melakukanwanprestasi. Secara khusus penelitian dalam tesis ini hanyadibatasi pada perjanjian nomor 007/SPKM/MBSMA/MIRABELLA/IV/2005 yang diselenggarakan pada tanggal 1April 2005, dengan para pihak PT. Martina Berto sebagaipihak pertama dan model iklan Donna Agnesia yang diwakiliSalsa Model Agency sebagai pihak kedua. Metode penelitianyang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan yangbersifat normatif. Sedangkan data yang digunakan ialah datasekunder. Data sekunder terdiri dari bahan hukum primer,sekunder dan tersier, yang didapatkan dengan studikepustakaan. Teknik wawancara yang dipergunakan adalahwawancara terarah dengan bantuan pedoman wawancara{interview guide) dengan manager legal perusahaan kosmetikPT. Martina Berto. Setelah mendapatkan data dilakukananalisis data secara deskriptif kualitatif sehingga dapatmemberikan gambaran yang jelas, sistematis dan logismengenai masalah yang dikaji serta dapat dirumuskankesimpulan dan saran. Berdasarkan analisa yang telahdilakukan, disimpulkan bahwa bentuk perlindungan hukum yangdiberikan PT. Martina Berto pada model iklannya ialahdengan membuat perjanjian kerja sama yang mengacu padaketentuan-ketentuan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata), Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) tentang HakCipta dan doktrin para sarjana hukum. Sedangkan upaya hukumyang dapat dilakukan model iklan bila PT. Martina Bertowanprestasi ialah dengan mengajukan perselisihan tersebutke BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia). |
![]()
|
No. Panggil : | T37802 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2005 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | vi, 112 pages : illsutration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T37802 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20268352 |