:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Wanprestasi dan penyelesaian sengketa transaksi perdagangan melalui Internet Business to Consumer (B2C) / Liza Roihanah

Liza Roihanah; Edmon Makarim, supervisor; Cita Citrawinda, examiner ([Publisher not identified] , 2008)

 Abstrak

ABSTRAK
Perkembangan teknologi dan informasi yang sedemikian pesatnya menjadi
alternatif untuk melakukan kegiatan bisnis dalam sistem komunikasi elektroniki
global yang sekarang dikenal dan disebut dengan electronic commerce (e-commerce)
atau perdagangan elektronik. Lintas batas negara sekarang ini bukan lagi menjadi
hambatan seseorang untuk melakukan kegiatan bisnis atau transaksi perdagangan.
Media yang digunakan untuk mengatasi perbedaan negara tersebut adalah internet.
Internet dapat memfasilitasi suatu perikatan tanpa para pihak bertemu secara fisik
dalam ruang dan waktu yang sama. Dalam e-commerce, suatu peijanjian dapat dibuat
secara online. Perjanjian perdagangan secara online terdiri dari penawaran dan
penerimaan sebagaimana perdagangan secara konvensional. Pembentukan kontrak
dagang harus juga menyepakati tentang penyelesaian sengketa untuk mengantisipasi
kemungkinan dari para pihak melakukan wanprestasi yang dapat ditempuh melalui
jalur litigasi atau non litigasi. Ketentuan mengenai komunikasi elektronik dan
penyelesaian sengketa harus mepiperhatikan dan mencakup mengenai perlindungan
konsumen.
Bagaimana ketentuan hukum tentang penyelesaian sengketa internasional dan
nasional mengenai kebebasan para pihak (party autonomy) untuk menentukan pilihan
hukum ((choice o f forum) dan pilihan forum (choice o f forum). Bagaimana ketentuan
hukum yang melindungi konsumen dalam penggunaan komunikasi elektronik untuk
kontrak dagang internasional antara Business to Consumer (B2C). Bagaimanakah
proses penyelesaian sengketa yang sesuai dengan hukum di Indonesia mengenai
perdagangan internasional melalui internet Business to Consumer (B2C). Penelitian
ini menggunakan metodologi yuridis normatif. Pada umumnya, penelitian yuridis
normatif merupakan studi dokumentasi dengan menggunakan data sekunder. Data
sekunder tersebut dapat dikualifikasi sebagai bahan hukum primer, bahan hukum
sekunder, dan bahan hukum tersier.
Prosedur penyelesaian sengketa dalam kontrak dagang adalah suatu
kesepakatan kedua belah pihak yang dicantumkan ke dalam kontrak dagang dengan
menentukan choice oflaw dan choice o f forum melalui jalur litigasi (pengadilan) atau
non litigasi (alternatif penyelesaian sengketa). Masing-masing sistem hukum common
law dan civil law mengakui adanya suatu transaksi e-commerce dengan membuat
ketentuan dan peraturaan yang mengaturnya dan juga memuat mengenai upaya
perlindungan konsumen dalam transaksi e-commerce. Penyelesaian sengketa ecommerce
yang akhir-akhir ini melalui dipraktekkan secara online (resolution) bisa dijadikan suatu alternatif berdasarkan kesepakatan para pihak untuk
menggunakan jalur tersebut. Penyelesaian sengketa di Indonesia tidak boleh
melanggar ketertiban umum yaitu mengenai perlindungan konsumen, hendaknya
dilakukan dengan proses cepat, adil dan mudah dilakukan.

ABSTRACT
Development of technology information at full speed becomes an alternative
to conduct business to activity in global electronic communication system nowadays
known as and named with electronic commerce (e-commerce). Cross-border country
now not becomes inhibiting people to conduct business or trade transaction anymore.
The use of medium to overcome the distinction country is internet. Internet can
facilitated an agreement without each parties meet in one time and one dimensions
physically. On the e-commerce, an agreement can be formed by online. Online trade
transactions agreement comprising with offer and acceptance as the conventional
trade transaction. Formation of trade contract must also form with an agreement of
dispute resolution for the anticipation feasibility of the party whose breach the
contract to go trough of litigation and non litigation. The provision of electronic
communication and the settlement of dispute resolution shall have concern and
provide with consumer protection.
How the provision of law about international and national dispute resolution
specifically concern with party autonomy to establish choice of law and choice of
forum. How the provision of law to protect the consumer which is use electronic
communication for the international trade contract between businesses to consumer
(B2C). How the legal action (process) of dispute resolution according with
Indonesian law concern with international trade by means o f internet business to
consumer (B2C). This research uses the normative juridical methodology. In general,
normative juridical research constitute with study documentation which is use
secondary data. The secondary data can be qualified in primary law material,
secondary law material and tertiary law material.
Mechanism of dispute resolution in the trade contract is an agreement
between the party included in their trade contract determining with choice of law and
choice of forum through of litigation (by court) and non litigation (alternative dispute
resolution). Each of common law and civil law system recognizing of e-commerce
transaction with make the provision and rules of e-commerce and also provision of
consumer protection in e-commerce. Recently, online dispute resolution adjusting in
the settlement of e-commerce dispute resolution, it can be an alternative if based on
agreement between the parties. In Indonesia, dispute resolution should conducted
with expressly, fair, easy to be done and not against of public policy in Indonesia
relating with consumer protection.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T36842
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 143 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T36842 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20269583