ABSTRAK Tesis ini membahas tentang Lembaga Sertifikasi Keandalan sebagai pemberi sertifikasikeandalan berusaha, berupa trustmark kepada pelaku usaha sebagai bentukperlindungan hukum kepada konsumen dalam transaksi elektronik. Metodologipenelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, yang mengacu kepada normanormahukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan, denganmelakukan perbandingan hukum, yaitu melihat pada persamaan dan perbedaanpengaturan mengenai lembaga pemberi sertifikasi di beberapa negara. Perbandingantersebut diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi pembentukan danpenerapan ketentuan yang mengatur Lembaga Sertifikasi Keandalan di Indonesia.Hasil penelitian menyarankan perlunya segera diatur secara rinci dan jelas tugasdan tanggungjawab, serta kewenangan Lembaga Sertifikasi Keandalan. ABSTRACT The focus o f this study is Lembaga Sertifikasi Keandalan as a Certification Bodyfor business reliability, such Trustmark as consumer protection law to businessparticipant in electronic transactions. The research methodology is normativejuridical, which based on the law norm in the act regulation. The researchcompares the law by investigating the differences and equality o f the regulation o fthe institution as the certificate assessor in many countries. The result is expectedto be useful as an input or consideration for regulation development andimplementation as guidelines for Lembaga Sertifikasi Keandalan in Indonesia.The research result suggests the need o f immediate detailed order o f jobdescriptions, responsibilities, and authorities o f Lembaga Sertifikasi Keandalan. |