ABSTRAK Tesis ini membahas kedudukan peserta didik sebagai konsumen, lembagapendidikan sebagai pelaku usaha, dan pemerintah sebagai pengatur, penyelenggara,pembina dan pengawas. Termasuk hak, kewajiban dan tanggung jawab para pihaktersebut. Selanjutnya diuraikan kasus pelanggaran hak peserta didik, dan upayapenyelesaian sengketa konsumen jasa pendidikan. Penelitian yuridis normatif ini,bersifat kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankanmempertegas kedudukan peserta didik sebagai pengguna/konsumen jasa pendidikandalam Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Serta perlunyasosialisasi, pendidikan konsumen, pengawasan dan advokasi terhadap pelanggaranhak peserta didik. ABSTRACT This thesis analyze the legal standing of student as the consumer, educationalinstitution as producer, and the Government as regulator, practitioner, builder andcaretaker. Including the rights and obligation of the fullfilment. Also description theproblems that arise from the fullfilment such obligation from the parties involved andlegal action to solve that problems based on consumer protection law. The researchconclusion that in Law number 20 year 2003 about National Education System muststressing the position student as consumer of education system. Then imperative thesocialization, educating consumer, guard and advocating about the violation of therights of the student as consumer. |