ABSTRAK Tesis ini membahas mengenai perlindungan hukum terhadap nasabah selaku konsumensehubungan dengan pelaksanaan Good Corporate Governance Pada Bank Di Indonesia.Penelitian ini adalah penelitian hukum normative. Hasil penelitian menyarankan bahwa Bankselaku pelaku usaha harus secara konsisten menerapakan prinsip-prinsip yang terkandung didalam Good Corporate Governance yaitu keterbukaan (transparency), akuntabilitas( accountanbility), tanggung jawab ( responsibility ) , Independent ( independency ), kewajaran( fairness), dalam kegiatan operasionalnya dan mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, baik ituketentuan dalam bidang perbankan maupun ketentuan-ketentuan lainnya, khususnya dalam halini ketentuan yang mengatur mengenai perlindungan terhadap konsumen sehingga diharapkanapabila suatu Bank dapat dikelola dengan tata kelola perusahaan yang baik, maka Bank tersebuutdapat menghasilkan produk dan jasa yang baik dimana nantinya hal tersebut akan semakinmeningkatkan kepercayaan konsumen kepada Bank. ABSTRACT This thesis discusses the legal protection of clients as consumers in connection with theimplementation o f Good Corporate Governance on Bank in Indonesia. This research isnormative legal research. The results suggest that the Bank's business as consistentlymake the implementation of the principles contained in the Good Corporate Governancesuch as transparency, accountanbility, responsibility, independcncy, fairness, inoperational activities and comply with the provisions of the existing, either in bankingregulations or other provisions, particularly in this case the provisions regulating theprotection of the consumer so that expected if a bank can be managed by good corporategovernance, then the Bank can produce good and services which it will eventuallyincrease Customer trust to the Bank. |