:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Representasi peran pusat informasi dalam penelusuran informasi: suatu analisis wacana pada Novel The Historian (Sang Sejarawan) Karya Elizabeth Kostova

Putri Ariza Kristimanta; Ike Iswary Lawanda, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Penelitian ini memfokuskan pada pengkajian sebuah novel fiksi The Historian, yang di dalamnya terdapat representasi-representasi peran pusat informasi dalam menjawab dinamika dan aktivitas kebutuhan informasi menggunakan metode analisis wacana.
Tujuan penelitian ini adalah memahami penelusuran informasi yang direpresentasikan oleh tokoh-tokoh The Historian dalam menemukan informasi yang dibutuhkan melalui perpustakaan dan arsip agar peran pusat informasi dalam penelusuran informasi dapat terlihat jelas serta memahami fungsi perpustakaan dan arsip mendukung penelusuran informasi tokoh-tokoh yang direpresentasikan dalam The Historian.
Hasil penelitian ini yaitu selain membobotkan analisis peran masingmasing jenis pusat informasi, juga pada empat elemen analisis tambahan, yaitu analisis kebutuhan informasi, jenis pusat informasi yang digunakan, kriteria pengguna, dan cara menelusur, dipaparkan secara naratif deskriptif sesuai urutan pemunculan teks. Kesimpulan penelitian ini yaitu pusat informasi memang mendukung penelusuran informasi untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi manusia yang selalu dinamis, melalui berbagai koleksi yang terdapat di dalamnya serta distribusi sekunder yang dilakukannya.

The focus of this research is to study a fiction novel titled The Historian. It is about the representations of the role of an information centre in meeting the dynamics of information need, using the discourse analysis method.
The purpose of the research is to gain a clearly understanding the information searching behavior which is represented by the characters of The Historian, in finding the information appropriately through libraries and archives and to understand the role of information centre.
The result of the research is information centre indeed facilitate the man's dynamic information need by the collection available using secondary distribution activities.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S287
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 66 hlm.; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S287 14-22-22993086 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20270993