:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penggunaan metode semantic features analysis untuk membantu anak prasekolah usia lima tahun dalam mengembangkan struktur pengetahuan

Amilia Rachma Aminy; Sri Hartati Dewi Reksodiputro, supervisor; Dini P. Daengsari, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Struktur pengetahuan adalah suatu konsep yang mengacu pada bagaimana
pengetahuan dalam ingatan manusia diorganisasikan. Penelititan-penelitian struktur
pengetahuan menunjukkan bahwa struktur pengetahuan memiliki peranan yang penting
dalam berbagai aktivitas pemrosesan informasi. Seseorang yang memiliki struktur
pengetahuan yang kaya dalam suatu bidang (domain) - atau biasa disebut expert - mendapat
banyak keuntungan kognitif dalam menghadapi berbagai situasi yang berkenaan dengan
bidang yang ia kuasai. Sebagai contoh, mereka dapat mengingat dengan lebih mudah dan
cepat, dapat mencari penyelesaian masalah yang tepat, dan lain sebagainya. Hal itu
disebabkan struktur pengetahuan yang kaya dapat menjadikan penggunaan kapasitas mental
lebih efisien, sehingga kapasitas mental yang tak terpakai dapat digunakan untuk proses
kognitif yang lebih tinggi atau canggih.
Seperti juga orang dewasa, anak-anak yang memiliki struktur pengetahuan
mendalam juga memperoleh keuntungan-keuntungan kognitif, dalam bidang yang ia
kuasai. Mereka bahkan menampilkan kemampuan kognitif yang lebih matang daripada
yang selama ini diperkirakan orang pada umumnya. Melihat bahwa struktur pengetahuan
yang kaya memungkinkan anak usia prasekolah menampilkan kemampuan kognitif yang
Iebih matang, maka membantu anak usia prasekolah untuk mengembangkan struktur
pengetahuan yang dimilikinya tampaknya akan mernberikan banyak keuntungan bagi anak.
Karena dengan demikian anak akan terbantu untuk mencapai kemampuan kognitif yang
Iebih tinggi, yang berarti juga membuka kesempatan bagi anak untuk sejak dini secara
optimal menggunakan kemampuan kognitifnya.
Struktur pengetahuan yang kaya, terbentuk melalui proses yang panjang. Namun
para ahli kini mengembangkan metoda untuk mengajarkan struktur pengetahuan, sehingga
orang yang awam (novice) dalam suatu bidang dapat mengembankan struktur pengetahuan
yang sama seperti expert, dan dalam waktu yang singkat. Dari berbagai metoda, Semantic
Features Analysis (SFA) yang paling mungkin diberikan kepada anak usia prasekolah.
Dikatakan paling mungkin bagi anak usia prasekolah karena metoda ini paling tidak
membutuhkan kemampuan membaca dan menulis - suatu kemampuan yang umumnya belum
dikuasai oleh anak prasekolah - dibandingkan dengan metoda lain. Namun selama ini belum
pernah dilakukan suatu penelitian mengenai penerapan SFA pada anak usia prasekolah

Penelirian ini dilakukan untuk melihat bagaimana struktur pengetahuan anak usia
prasekolah khususnya yang berusia 5 tahun hingga 5 tahun 11 bulan, jika mereka diberikan
aktivitas SFA. Secara lebih khusus penelitian ini ingin melihat dua hal. Pertama, seberapa
jauh anak usia prasekolah menggunakan hal-hal yang diekspose dalam SFA (atribut target),
setelah mereka mendapat aktivitas SFA. Kedua, seberapa jauh peningkatan penggunaan
atribut target oleh anak usia prasekolah alam menggambarkan suatu konsep, setelah mereka
melakukan aktivitas SFA.
Subyek penelitian ini adalah anak usia prasekolah, berusia rata-rata 5 tahun. Jumlah
subyek dalam penelitian ini adalah 13 orang, diperoleh dari 2 taman kanak-kanak yang ada
di wilayah Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik insidental sampling.
Dalam penelitian ini pertama-tama akan dilakukan elisitasi terhadap struktur
pengetahuan subyek. Kemudian subyek akan melakukan aktivitas SFA. Setelah menerima
metoda SFA. struktur pengetahuan subyek kembali dielisitasi. Dengan demikian dapat
dilihat bagaimana struktur pengetahuan subyek sebelum dan sesudah pemberian metoda
SFA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan SFA yang dilakukan oleh subyek telah
membantu mereka menyadari atribut target yang diekspose merupakan konsep-konsep
penting dalam pengetahuan mengenai burung. Kegiatan SFA juga membantu subyek
mengorganisasikan pengetahuan yang mereka miliki dengan menggunakan atribut target
sebagai konsep-konsep kuncinya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemberian SFA
cukup dapat membantu subyek menggunakan atribut target dalam mengelompokkan konsep
utama. Lebih lanjut, data-data hasil penelitian mengindikasikan bahwa setelah kegiatan SPA
dilakukan oleh subyek, subyek mampu lebih banyak mengidentifikasi hubungan antara
konsep-konsep utama dengan atribut target. Atau, setelah melakukan kegiatan SFA subyek
mengetahui lebih banyak mengenai karakteristik apa saja yang dimiliki oleh suatu konsep
utama sehingga mereka dapat lebih Iengkap dalam menggambarkan suatu konsep utama.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran seberapa jauh
metoda SFA dapat membantu anak mengembangkan struktur pengetahuan yang mereka
miliki. Ditinjau dari segi teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah
di bidang pengetahuan kognitif, terutama kaitannya dengan struktur pengetahuan anak usia
prasekolah. Sedang dari segi praktis, diharapkan penelitian ini dapat memberikan sumbangan
metoda mengajar sehingga dalam membantu anak usia prasekolah memperluas
pengetahuannya, mereka tidak hanya menambah jumlah informasi tetapi juga dapat
mengorganisasikan pengetahuan mereka tersebut dengan baik.

 File Digital: 1

Shelf
 S2549-Amilia Rachma Aminy.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S2549
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 185 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S2549 14-18-189290680 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20271069