:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Unsur-unsur persuasif dalam pidato Stalin pada Perang Patriotik Besar

Rajagukguk, Imelda Valentina; Njaju Jenny Malik, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Perang Patriotik Besar merupakan perang terbesar dalam sejarah Uni Soviet. Peang ini terjadi pada tahun 1941-1945 antara Uni Soviet dan Jerman. Skripsi ini membahas tiga buah pidato yang disampaikan oleh Stalin pada masa itu. Secara khusus skripsi ini akan menganalisis secara kritis penggunaan unsur-unsur persuasif yang digunak oleh Stalin dalam ketiga pidato tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan model deskripsi, eksplanasi dan interpretasi. Penulis menggunakan teori wacana kritis model Van Dijk untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini adalah pemaparan secara kritis ketiga unsur persuasive, yaitu penggunaan kata sapaan, kata ganti dan gaya bahasa.

Great Patriotic War is the greatest war in the history of Uni Soviet Union. This war took place in 1941-1945 between the Soviet Union and Germany. This thesis discusses three speech delivered by Stalin at that time. In particular, this thesis will analyze critically the use of elements of persuations used by Stalin in those three speech. The research method used in this thesis is a qualitative methode with description, explanation, and interpretation models. The author use the theory of critical discourse, Van Dijk to analyze the data. The results of this study is the exposure to these three critical elements of persuasive, namely the use of the word greeting word, pronoun, and stylistics.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S297
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 121 hlm. ; 30 cm + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S297 14-19-613533813 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20271360