:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang mempengaruhi investasi alat berat dalam proyek konstruksi jalan di Jabodetabek

Adhi Purnomo; Ismeth Abidin, supervisor; Yusuf Latief, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Jalan merupakan salah satu sarana penting yang diperlukan di dalam proses pengembangan wilayah dan perekonomian suatu daerah. Pengunaan Peralatan berat pada sebuah proyek konstruksi pada pembuatan jalan pada sekarang ini merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat dihindari. Peralatan berat merupakan barang modal yang diinvestasikan oleh pembeli/kontraktor dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan pengembalian investasi selama peralatan berat tersebut digunakan.
Pada suatu proyek konstruksi biaya peralatan menyumbangkan biaya proyek yang cukup besar dan dapat mencapai 20-30% dari total biaya proyek dan dengan analisi investasi peralatan akan memberikan suatu pertimbangan yang lebih baik menyeluruh dan rasional terhadap faktor-faktor yang menimbulkan resiko pembiayaan dalam rangka mengadakan investasi peralatan yang diperlukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang dipertimbangkan dalam investasi alat.
Metode yang digunakan adalah melakukan survei kepada kontraktor jalan di jabodetabek. Analisa data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Proces (AHP) untuk mendapatkan faktor yang dipertimbangkan. Dengan dasar hasil analisis investasi peralatan yang diperlukan akan dapat memberikan gambaran yang layak mengenai: Alat seperti apa yang sesungguhnya dapat memberikan keuntungan dan alat mana yang dapat mempengaruhi pertimbangan investasi dan faktor-faktor tersebut merupakan faktor variabel yang harus diperhitungkan sebelum sampai kepada potensi keuntungan yang dapat diperoleh.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kehandalan dan daya tahan alat, operator alat serta kecepatan dan kemudahan manuver alat meupakan faktor yang dominan. Tulisan ini merupakan sebuah rujukan bagi para pengguna alat berat bahwa dengan mengetahui kemungkinan produksi serta biaya peralatan akan diperoleh gambaran nyata mengenai keuntungan yang dapat diperoleh bila menginvestasikan modalnya pada peralatan berat.

Road is one amongst important infrastructures in regional and economic development process of a region. The usage of heavy equipment in road construction projects has become extremity. Contractors invest their capital on heavy equipment aiming to gain capital return due to its usage in a construction project. Investment on heavy equipment allocates big portion of total project cost up to 20-30%. Therefore, deep analysis on heavy equipment investment will provide comprehensive and rational consideration to risk factors in project financing. Series of survey on road contractors in Jabodetabek area were conducted to ascertain factors usually being considered in heavy equipment investment using Analytic Hierarchy Process (AHP) as analysis method.
Finally it can be concluded recommendation on profitable equipment and influential equipment as variable factors on profit return possibility. Survey ended with conclusion on dominant factors in making decision for heavy equipment investment i.e. equipment performance, equipment durability, equipment operator and equipment speed and manoeuvre. This paper can be treated as a reference for heavy equipment users that knowing production probability and equipment cost means getting real image on profit return when investing capital on heavy equipment.

 Metadata

No. Panggil : T40600
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 63 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T40600 15-22-43250328 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20275050